Begini Lima Cara Ajari Anak Suka Baca Buku

0
450

www.depoktren.com–Kesadaran berliterasi di Indonesia masih tergolong rendah. Buktinya, Literasi Indonesia masuk peringkat dua paling bawah menurut penelitian World’s Most Literate Nations 2016 lalu, yakni peringkat 60 dari 61 negara di dunia.

Bukti lain dipaparkan oleh UNESCO yang menyebut minat baca masyarakat Indonesia baru mencapai angka 0,001 persen, yakni di antara 250 juta penduduk, hanya 250.000 yang punya minat baca. Tiga tahun lalu, UNESCO juga mengeluarkan data bahwa anak-anak di Indonesia hanya membaca 27 halaman buku dalam satu tahun.

Data angka ini memang menyedihkan. Butuh upaya sederhana yang berdampak besar, salah satunya mengajari anak sedari kecil untuk suka membaca buku. Pasalnya minat baca itu bisa tumbuh apabila dipupuk sedini mungkin sebelum terlambat. Dan, Ini adalah lima tips ajari anak suka baca buku bagi anda orangtua atau pendidik.

1. Mendongengi Anak

Bila anda menginginkan anak anda menyukai buku, anda harus meluangkan waktu untuk mendongengi si kecil. Anda bisa menggunakan buku anak bergambar yang warna-warni. Gambar hewan lucu yang bisa bicara atau seri fabel, misalnya, yang bukan hanya memancing minat si kecil untuk memperhatikan cerita dan gambar, tetapi juga bisa memetik hikmah dari cerita fabel yang anda bacakan. Atau, agar lebih variatif, anda bisa bacakan dongeng cerita rakyat, agar si kecil tahu asal-usul negeri yang kaya akan cerita legenda.

2. Berikan Buku Sebagai Hadiah

Buku adalah hadiah yang ideal untuk ulangtahun, perayaan besar, atau imbalan buat si kecil. Buku yang diberikan di hari spesial tertentu akan menimbulkan ingatan yang spesial di memori anak. Ia akan menganggap buku itu spesial dan ini menumbuhkan kecintaannya terhadap buku. Sedikit tips tambahan, apabila menghadiahinya buku, coba tulis pesan manis di muka buku. Itu akan menjadi momen indah yang akan ia kenang sampai dewasa.

3. Liburan ke Perpustakaan atau Toko Buku

Bila selama ini anda menghabiskan waktu liburan ke mall atau tempat rekreasi tertentu, mungkin anda perlu mencoba luangkan hari-hari libur ke perpustakaan atau toko buku. Ajak si kecil memilih buku yang dia suka atau yang menarik minat si kecil. Anda bisa membacanya di perpustakaan atau membawanya pulang ke rumah dan membaca bersama-sama. Seri buku petualangan mungkin boleh jadi pilihan anda dan anak anda menghabiskan libur panjang. Dengan begini, anda mengajarkan bahwa buku adalah tempat piknik terbaik.

4. Baca Buku di Depan Anak Anda

Anak biasanya meniru apa yang dilakukan kedua orangtuanya. Membaca buku di depan anak adalah sebuah gaya parenting yang perlu dilakukan. Sebab nantinya si anak akan mengikuti kegiatan yang sering dilakukan orangtuanya. Sediakan buku anak yang sesuai di rak, sehingga ketika nanti ada tanda-tanda ia ingin meniru anda membaca, maka anda tinggal mengarahkan dia untuk memilih buku yang mereka sukai.

5. Bawa Buku Ke Mana Saja

Membawa buku untuk anda sendiri dan anak anda sangat baik dilakukan. Bila misalnya sedang berlibur ke tempat jauh, anda bisa menikmati perjalanan dengan membaca buku. Waktu tunggu yang membosankan, misalnya, bisa dihabiskan dengan membaca buku bersama anak anda. Kebiasaan ini nantinya akan terbawa ketika anak sudah dewasa. Dia akan membawa buku ke mana saja sebagai teman abadi. Cara ini juga bisa dipakai untuk melatih kesabaran anak. (Siska/wikihow)

596 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY