Pradi ‘Tantang’ KOOD Bikin Buku Sejarah Depok

0
289

www.depoktren.com–Sebagai organisasi yang memiliki kepedulian besar terhadap kearifan lokal Depok, KOOD ditantang untuk menyajikan karya-karya bernilai edukasi, seperti mendokumentasikan situs sejarah dan menelusuri asal-usul lahirnya nama-nama wilayah di Kota Depok.

Penelusuran sejarah tersebut dirangkum dalam bentuk buku, sebagai referensi bagi masyarakat yang ingin mengetahui secara detail keunikan sejarah di berbagai wilayah di Kota Depok.

Hal itu disampaikan Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna, di hadapan pengurus Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD) yang memadati kediamannya di Jl HM Usman, Gang Wali, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Minggu (16/6/2019).

“Setelah berhasil membikin kamus bahasa Depok, ayo KOOD bikin buku yang mengisahkan asal-usul nama wilayah, seperti Cinere, Pancoran Mas, Sukmajaya, Parung Bingung, Ratujaya, dan wilayah lainnya,” ujar Pradi.

Pasalnya, menurut Pradi, menulis buku sejarah itu sangat penting, lantaran minimnya sumber informasi dan referensi sejarah lokal Depok.

“Menulis buku sejarah harus memiliki sumber valid, agar informasi yang disampaikan tidak mengaburkan. Disini sepertinya banyak yang siap menjadi sumber pemberi informasi. Di KOOD kan banyak tokoh dan para sepuh. Dari merekalah riwayat tentang Depok dikisahkan,” kata Pradi.

Di bagian lain Pradi mengapresiasi semangat barisan KOOD dalam membesarkan organisasinya, terlebih kini KOOD telah memiliki penggerak sektor ekonomi, namanya Saudagar KOOD. Wadah ini dikomando Acep Al Azhari.

Silaturahmi dan Halal Bi Halal di kediaman Pradi tersebut juga dihadiri Ketua Umum KOOD, Ahmad Dahlan, Bendahara Umum Yahman Setiawan, Wakil Sekretaris Umun Amiruddin, Wakil Ketua Umum Maksum, Syaiful Hidayat, Jamhurobi, Jayadi.

Dewan Sepuh Djaenul AB dan Ahmad Kholadi, Dewan Pembina Dramayadi, Afredy, Burhanudin, Ketua Jawara KOOD Sabeni Efendi, Ketua Bidang Organisasi Nurul Falah Haz, Ketua Bidang Seni-Budaya Baba Entong, Ketua Pemberdayaan Perempuan Inawati Neih.

Hadirpula sejumlah Ketua KOOD tingkat kecamatan, yaitu Husin Tohir (Limo), Mulyana (Sukmajaya), Herry Ibrahim (Beji), M Labet (Pancoran Mas), Idin Ibrahim (Cimanggis), serta para ketua KOOD tingkat kelurahan.(amr)

291 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY