Bus Transjakarta akan Beroperasi di Kampus UI

0
57

www.depoktren.com–Universitas Indonesia berencana mempersilahkan
bus Transportasi Jakarta (Transjakarta) masuk kedalam area kampus. Keberadaan bus Transjakarta ini nantinya diharapkan akan menggantikan bus milik UI yang berwarna kuning yang selama ini mondar-mandir di area Kampus UI.

Rencana masuknya bus Transjakarta ini ditandai dengan penandatangan MoU antara Universitas Indonesia-PT Transportasi Jakarta, di Ruang Rapat A Gedung Rektorat Lantai 2 UI Kampus Depok, Kota Depok, Selasa (9/7/2019).

Rektor UI Prof Muhammad Anis, mengatakan kerjasama ini merupakan salah satu langkah awal UI menuju green kampus yakni dengan mengganti bis kuning UI dengan bis Tranjakarta. Bis Transjakarta akan menjadi moda transportasi utama dari UI ke Luar, dari Luar ke UI dan di dalam lingkungan kampus UI itu sendiri.

“Bis kuning UI ngga ada yang lower deck, lagi pula permasalahan bis kan bukan Tugas dan Fungsi (Tusi) UI, kenapa ngga kerjasama aja dengan PT Transjakarta sebagai pengelola bis yang profesional,” ujar Anis.

Dia berharap, dengan adanya layanan bis Transjakarta masuk areal kampus UI, Anis berharap itu mampu mengurangi jumlah mahasiswa yang membawa kendaraan sendiri ke kampus. “Bahkan kalau bisa 10 tahun kedepan ketika publik transportasi udah bagus, ngga perlu lagi mobil pribadi masuk step by step,” harap dia.

Dengan ditekannya jumlah mobil pribadi masuk areal kampus, UI jadi memiliki zona akademik yang betul-betul clean dari gas CO2. Sehingga ramah pejalan kaki dan pesepeda.

“Memang perlu menyadarkan kita semua step by step pengertian bahwa yang namanya pengembangan yang berkelanjutan itu ya harus betul-betul kualitas udara dan kualitas air yang harus diperjuangkan secara konsisten,” jelas Anis.

Namun Anis menegaskan, bis kuning tetap akan dioperasikan untuk memback-up apabila terjadi kemacetan sehingga frekuensi Transjakarta 5 menit tidak tercapai. Untuk menghindari penumpukan mahasiswa, UI akan menerjukan bis kuning.

“Di stand by, bis kuning sapu jagat langsung mengangkut para mahasiswa khususnya di jam-jam pagi untuk kuliah supaya ngga telat masuk kelas. Saat ini bis kuning UI ada 12 unit,” tegasnya.

Direktur Utama PT Transjakarta, Agung Wicaksono mengatakan dengan MoU ini bis Transjakarta sudah mulai melayani angkutan didalam kampus UI mulai 1 Agustus 2019. Saat ini ada 35 unit bis transjakarta yang melayani 2 rute ke UI yaitu rute Lebak Bulus-UI dan Manggarai-UI dengan jumlah 15 bis untuk tiap rute.

“Saat ini rutenya sudah ada ke UI tapi belum masuk ke kampus. Dengan layanan ini bis ini masuk terus kedalam,” ujar Agung.

Tarif transjakarta dari luar ke UI dan dari UI ke luar sebesar Rp3.500, tapi kalau hanya di dalam lingkungan kampus UI tarifnya gratis. Head way nya setiap 5 menit dengan jam operasional mulai pukul 05:00 WIB sampai pukul 22:00 WIB.

“Mekanismenya sama ya sistem tapping untuk layanan dari laur ke dalam UI. Tapi kalau yang ada didalam nanti, sementara kita gunakan tiket kertas sampai menemukan cara-cara yang lebih inovatif untuk bisa menditeksi bagaimana civitas akademika menggunakan ini,” tutur Agung.

Kedepan Transjakarta akan menambah 3 rute baru menuju UI yaitu rute Kampung Rambutan-UI via Lenteng Agung, Kampung Rambutan-IU via Jalan Raya Bogor dan Terminal Margonda-UI. (Papi Ipul)

58 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY