Fahira Idris Dukung Adanya Parkir Khusus Wanita di Depok

0
122

www.depoktren.com–Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok membuat terobosan baru dengan memisahkan lahan parkir antara laki-laki dengan perempuan. Terobosan ini tengah menjadi perbincangan di dunia maya dan sempat menjadi viral.

Dishub Kota Depok sudah sejak 2017 menyediakan parkir kendaraan khusus wanita (ladies parking) di Gedung Parkir Kantor Wali Kota Depok dan RSUD Kota Depok.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Fahira Idris mengapresiasi terobosan terkait pemisahan lokasi parkir tersebut. “Selain bertujuan memudahkan perempuan, pemisahan ini patut didukung karena berangkat dari niat untuk menjadikan fasilitas umum ramah bagi perempuan. Karena di semua fasilitas umum memang idealnya terdapat kebijakan yang memudahkan, melindungi, dan mengutamakan para perempuan. Kalau ada yang meributkan pemisahan ini malah aneh karena kebijakan seperti ini untuk mempermudah perempuan menggunakan fasilitas publik dalam hal ini lokasi parkir,” ujar Senator asal Jakarta ini, dalam keterangan tertulis yang diterima depoktren.com, Rabu (10/7/2019).

Dia menjelaskan, perempuan terutama para ibu kerap membawa anaknya bekendara. Jadi saat parkir harus dimudahkan. Apalagi di lokasi seperti rumah sakit, stasiun, bandara, kantor pelayanan publik, pusat-pusat perbelanjaan, dan lokasi lainnya. Perempuan lebih banyak menggunakan fasilitas umum dari pada laki-laki. Ini karena perempuan lebih banyak melakukan aktivitas atau pola pergerakannya lebih bervariasi dalam kesehariannya.

“Oleh karena itu, membuat dan menerapkan kebijakan yang memudahkan perempuan di semua fasilitas publik, baik itu bentuknya pemisahan lokasi parkir yang lebih memudahkan perempuan atau tempat khusus bagi perempuan di transportasi umum menjadi sebuah keniscayaan dan patut didukung,” tutur Fahira.

Sementara dalam lingkup yang lebih luas, sambung Fahira, idealnya semua daerah di Indonesia baik itu Pemerintah maupun dunia usaha harus menjadikan parameter ‘ramah bagi perempuan’ sebagai salah satu pertimbangan dalam membangun berbagai fasilitas umum. (Siska Theresia)

122 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY