Siswa MTS Negeri 1 Depok Jalani Kegiatan Masa Ta’aruf

0
415

Depoktren.com – Sebanyak 256 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTS) Negeri 1 Cilodong, Depok, Jawa Barat, menjalani kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA). Kegiatan ini rutin dilakukan jelang tahun ajaran baru. Tujuannya agar siswa dapat mengenal lingkungan dan aktivitas sekolah.

“Tahun ini siswanya lebih banyak dibanding sebelumnya. Sekarang ada 256 siswa yang kami bagi dalam 8 kelas. Mereka terjaring lewat tiga tahapan, pertama jalur prestasi, kedua jalur afirmasi, dan ketiga jalur reguler,” kata S Syamsudin, ketua panitia kegiatan Masa Ta’aruf Siswa MTS Negeri 1 Depok.

“Tahun lalu jalur regulernya sebanyak 602 siswa yang mendaftar, sekarang 643 siswa. Hasil seleksi kami hanya menerima 215 siswa putra-putri,” lanjut Syamsudin yang juga Ketua WKM Bidang Kesiswaan.

Masa Ta’aruf siswa menurutnya berlangsung selama 4 hari sebelum masuk pelajaran reguler. Terhitung mulai Senin-Kamis, 15-18 Juli 2019. Seluruh siswa diwajibkan untuk ikut serta mulai pukul 06-30 hingga 14.00 WIB.

Semua aktivitas kegiatan ada dalam buku panduan yang dibagikan kepada seluruh siswa, Jumat (12/7). “Semua sudah lengkap dalam buku panduan tersebut, kami mohon ayah-bunda juga membaca buku tersebut. Apa saja yang harus diperhatikan siswa termasuk kebutuhan teknis kegiatan,” ujar Syamsudin.

Materi yang diberikan tentu sangat beragam. Selain pengenalan wawasan wiyatamandala, sosialisasi tata tertib siswa, salat berjamaah, kultum, pengenalan program ekstrakurikuler serta lainnya. Ada juga penyuluhan dari luar sekolah yakni dari pihak kepolisian yang akan memberikan penerangan soal narkoba, tertib berlalu lintas serta dari penyuluhan pihak puskesmas.

“Peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan disiplin dan sungguh-sungguh. Selama kegiatan peserta wajib mengenakan tanda pengenal peserta dan atribut lainnya yang telah ditentukan.”

Menurutnya peserta yang melanggar tata tertib kegiatan akan dikenakan sanksi secara bertahap: peringatan/teguran lisan, peringatan/teguran secara tertulis dan terakhir dipulangkan dan wajib mengikuti kegiatan Matsama pada tahun akan datang.*suryansyah

415 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY