Ditargetkan 2020 Selesai Pembentukan Puskesmas PONED

0
87

www.depoktren.com–Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menargetkan pembentukan Puskesmas dengan Pelayanan Obstetri Neonatus Essensial Dasar (PONED) di 11 kecamatan selesai di tahun 2020. Hingga kini pelayanan tersebut telah ada di 9 Puskesmas kecamatan, dan tersisa 2 Puskesmas yang belum dilengkapi yaitu Puskesmas Ratujaya dan Puskesmas Limo.

“Tahun ini rencananya Puskesmas Ratujaya yang akan ditambah pelayanan PONED. Sementara tahun 2020 baru Puskesmas Limo, karena menunggu penyelesaian pembanguan gedung barunya yang akan dibangun tahun depan,” ujar Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita usai meresmikan pelayanan PONED di UPT Puskesmas Cilodong, Kota Depok, Jumat (19/7/2019).

Novarita mengutarakan, 9 Puskesmas yang telah dilengkapi dengan pelayanan PONED yaitu, Puskesmas Pancoran Mas, Puskesmas Beji, Puskesmas Sukmajaya, Puskesmas Cimanggis, Puskesmas Tapos, Puskesmas Kedaung, Puskesmas Cinere, Puskesmas Bojongsari, dan Puskesmas Cilodong.

“Jadi, dalam pembentukan Puskesmas PONED perlu dilakukan perbaikan terhadap fasilitas maupun sarana dan prasarana yang ada. Sebab, untuk memaksimalkan pelayanan PONED harus tersedia ruang yang memadai di Puskesmas,” jelasnya.

Dia berharap, dengan tersedianya pelayanan PONED di Puskesmas dapat memudahkan masyarakat, khususnya ibu hamil saat melahirkan. Dengan begitu, resiko kematian ibu dan bayi saat melahirkan dapat diminimalisir.

“Mudah-mudahan dengan adanya pelayanan ini, angka kematian ibu dan bayi di Kota Depok dapat ditekan,” harap Novarita. (Risjaddin Muhammad)

86 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY