PLN Depok Sosialisasi Listrik di SDN Rawa Denok

0
219

www.depoktren.com–Guna memberikan pemahaman tentang kelistrikan, PLN APJ Depok melakukan sosialisasi di SDN Rawa Denok, Jl Raya Keadilan, Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Selasa (23/7/2019).

Kegiatan tersebut dalam rangka Hari Anak Nasional (HAN) yang dilaksanakan secara serentak oleh wilayah kerja PLN Distribusi Jawa Barat. Dipilihnya SDN Rawa Denok lantaran sekolah tersebut posisinya persis di depan gardu induk.

Kepala Bagian Humas PLN (Persero) Area Pelayanan Jaringan (APJ) Kota Depok, Budiono, mengatakan sangat penting memberikan pengetahuan tentang manfaat dan bahayanya listrik kepada anak-anak.

“Sejak usia dini mereka harus diberikan pemahaman tentang listrik, jangan sampai mereka sembarangan terhadap benda-benda yang dialiri arus listrik, seperti memainkan stop kontak,” kata Budi.

Sementara itu di hadapan ratusan siswa, Genta Maulana, koordinator tim Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) PLN APJ Depok memaparkan secara detail pengetahuan ketenagalistrikan, diawali dengan menceritakan asal mula adanya listrik.

Para siswa terlihat antusias mengikuti sosialisasi tersebut, terlebih saat penyampai materi mensimulasikan alat peraga serta menayangkan film animasi yang menceritakan manfaat dan bahayanya listrik.

”Setelah disimulasikan saya jadi paham benda apa saja yang bisa menyebabkan listrik mati (padam),” kata salah satu siswa kelas VI SDN Rawa Denok.

Sementara itu Kepala SDN Rawa Denok, Kusrini, mengapresiasi digelarnya kegiatan tersebut.

”Terima kasih sekolah kami disambangi oleh PLN, dan siswa-siswi kami diberikan pemahaman tentang kelistrikan,” kata Kusrini yang bermukim di kawasan Kampung Baru, Kelurahan Pancoran Mas.

Apresiasi serupa juga disampaikan Ketua Umum Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD), Ahmad Dahlan. Menurutnya, sosialisasi yang dilakukan PLN ini sangat bermanfaat dan bernilai edukasi.

“Para siswa jadi semakin mengetahui manfaat listrik, serta semakin memahami bahayanya listrik. Setelah acara ini mereka akan lebih berhati-hati dengan listrik,” ucap Dahlan.

Usai sosialisasi, Dahlan memberikan buku kamus bahasa Depok yang diterbitkan oleh KOOD kepada Kepala SDN Rawa Denok dan koodinator tim K3L PLN APJ Depok.

Dahlan berharap PLN dan KOOD akan selalu bersinergi, utamanya dalam menggelar berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami (KOOD) siap bersinergi dengan PLN. Jangan sungkan-sungkan untuk melibatkan kami, insyaAllah kami siap membantu,” demikian Dahlan.

Selain pejabat PLN APJ Depok dan pengurus KOOD, kegiatan sosialisasi tersebut juga dihadiri Lurah Rangkapan Jaya Baru Zayadi, serta perwakilan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok.(amr)

220 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY