Rumah Sakit UI Diharapkan Mampu Layani Warga Depok

0
668

 

BEJI-Keberadaan Rumah Sakit (RS) Universitas Indonesia (UI) diharapkan mampu melayani warga Depok. Demikian harapan Dinas Kesehatan Kota Depok. ”Harapan kami, RS UI nantinya akan menampung lebih banyak warga Depok dan lebih mengedepankan kebutuhan masyarakat miskin,” harap Kepala Seksi Regulasi Dinas Kesehatan Depok, Elin Herliana, Senin (7/10).

RS UI kini sedang tahap pembangunan. RS pendidikan dengan konsep modern dan canggih hingga tahan gempa 10 SR. RS dengan luas bangunan 74.043 meter persegi, dan 14 lantai ini memiliki 250 kamar. Layanan pun mengedepankan konsep pelayanan primer, sekunder dan tersier secara komprehensif.

RS UI akan menjadi rumah sakit terbaik karena mengakomodasi konsep patient safety serta berakreditasi internasional. Patient safety merupakan konsep baru dari dunia kedokteran yang memperhatikan sistem konstruksi, tata letak ruangan, penggunaan material bangunan serta pengaturan alur pasien infectious dan pasien non infectious.

Diungkapkan Elin, selama ini Depok baru memiliki 17 rumah sakit dengan total tempat tidur sebanyak 1732 buah. Dengan jumlah penduduk Depok sebanyak 1,8 juta, idealnya tempat tidur rumah sakit di Depok lebih dari 1800 buah.

”Kami juga masih banyak kurang kelas 3. Jadinya banyak yang kelas 2 dibuat menjadi standar kelas 3. Standar JCIA itu yang penting, untuk akreditasi RS. Sekarang RS di internasional sudah pakai standar itu. RS di Depok yang sudah mengikuti JCAI diantaranya RS Hermina dan Puri Cinere,” papar Elin.

Elin menegaskan dengan adanya RS UI, tentunya akan mampu memenuhi jumlah kapasitas tempat tidur. Ia juga berharap UI mampu memperbanyak kapasitas NICU, ICU, PICU yang selama ini masih kurang di Depok.
”Kalau RS UI mau bangun sampai 250 tempat tidur paling tidak sudah mencukupi target ideal, apalagi katanya nanti akan diperluas jadi 400 tempat tidur, tentu kami menyambut baik karena NICU ICU masih kurang,” pungkasnya. (RN)

 908 total views

LEAVE A REPLY