Sambut Pemilu 2014, Pemkot Depok Gelar Forum Silaturahmi

0
197
Foto: depok.go.id

Pemerintah Kota Depok menggelar Forum silaturahmi bersama Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida), Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) dengan Pimpinan Partai Politik (Parpol), Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP), Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Tahun 2013 digelar di Gedung Salasar, Depok, Kamis (10/10/2013). Acara ini diadakan demi terciptanya keamanan, ketertiban, dan kenyamanan Kota Depok dalam menyambut pemilihan umum (pemilu) 2014.

“Pemerintah Kota Depok menyelenggarakan kegiatan ini agar terjalin komunikasi yang intens antara ormas dan beberapa pihak terkait yang bertanggung jawab terhadap keadaan Kota Depok. Semua ini diharapkan mampu mewujudkan Depok yang lebih maju pada pemilu tahun depan,” ucap Syafrizal Ketua Pelaksana Forum.

Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma’il, Wakapolres AKBP Irwan Anwar, Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops) Kodim 0508/ Depok, Kapten ARH Sugiyanto , Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sutarno, beberapa anggota DPD, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Depok, Pimpinan Parpol, Ormas, OKP, serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kota Depok.

Wakapolres Irwan Anwar menjelaskan, saat ini pihak polres sudah melaksanakan operasi gerakan jaya yang akan mengawal pemilihan umum sampai dengan selesai. “Kami akan benar-benar megadakan keamanan di Kota Depok terkait pemilu nanti. Operasi yang akan dijalankan akan berlangsung selama tujuh bulan atau 223 hari. Dalam operasinya nanti, ada empat sasaran pengamanan. Sasaran pertama yaitu orang, termasuk calon anggota, calon presiden, dan lainnya. Kedua benda, yaitu Kantor KPU, BPK, Panwas, sarana dan prasarana penyelenggaraan pemilu. Sasaran berikutnya lokasi, tempat dimana diadakannya pemilu. Dan yang terakhir kegiatan, dari proses kampanye hingga pemilu dan penetapan pemenangnya,” jelas Wakapolres Depok.

Pada kenyataannya, saat ini keamanan yang ada di Depok sudah semakin meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kecelakaan dan pencurian motor yang tempo hari banyak terjadi, saat ini sudah berkurang.

Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma’il mengatakan, satuan pengamanan bekerja dengan baik dalam mentertibkan Kota Depok. “Terima kasih kepada pihak terkait yang berperan dalam menjadikan Depok yang aman dan terkendali. Semoga kedepannya semakin baik dan masyarakat akan merasa tentram berada di kota ini,” ucapnya.

Mengenai pemilu yang akan datang, Nur juga menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat agar ikut serta memajukan Kota Depok. Nasib Depok kedepannya ada ditangan masyarakat.

“Saya harap, peran serta masyarakat lebih banyak lagi tahun depan. Mengingat, setiap tahun semakin meningkat. Pada tahun 2012 sekitar 40 persen warga yang berpartisipasi dalam pemilu, dan pada tahun 2013 bertambah menjadi 51 persen. Semoga tahun depan mampu mencapai 70 persen atau bahkan 90 persen,” tutur Mantan Menteri Kehutanan Republik Indonesia ini mengharapkan.

Dengan adanya forum ini, peserta yang hadir mampu mensosialisasikan kepada masyarakat sekitar agar memahami dan mengerti terhadap pemilu, khususnya untuk tingkat Kota Depok. (Diskominfo/Indri)

 451 total views

LEAVE A REPLY