Hitung-Hitungan Peluang Lolos Timnas U19 ke Putaran Final Piala Asia

0
282

JAKARTA-Pertarungan yang sangat menentukan akan berlangsung di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-19 antara Timnas Indonesia melawan Korsel di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (12/10). Lalu, bagaimana hitung-hitungan peluang lolos Timnas Indonesia U-19 menuju putaran Final Piala Asia?.

Ada dua jalur yakni menjadi juara grup, atau menjadi runner-up terbaik. Seperti dilansir Timnasgaruda.com, Timnas Indonesia dan Korsel saat ini sama-sama mengkoleksi 6 poin, tetapi Timnas muda berada diposisi kedua karena kalah selisih gol dari tim Negeri Ginseng itu. Korsel mengantongi 9 gol, kemasukan 1 gol, sedangkan Timnas Indonesia memasukan 6 gol dan belum kebobolan.

Apabila Timnas bermain seri apalagi kalah, maka Korsel otomatis menjadi juara grup dan langsung lolos ke putaran final, sedangkan Timnas Indonesia masih memiliki peluang lolos lewat jalur runner-up terbaik.

Menurut regulasi AFC, tim yang lolos ke putaran final Piala Asia U-19 2014 terdiri dari 16 tim. Terdiri dari 9 tim yang berstatus sebagai juara grup di babak kualifikasi, enam runner-up terbaik, dan satu lagi tuan rumah Myanmar.

Untuk menentukan enam tim yang berhak menjadi runner-up terbaik, ada empat kriteria yakni jumlah poin, selisih gol, produktivitas gol, jumlah kartu kuning dan kartu merah yang lebih sedikit dan terakhir diundi.

Tetapi karena jumlah tim di tiap grupnya berbeda-beda, ada tiga, empat hingga lima tim, maka AFC akan lebih dulu menyetarakan jumlah tim di semua grup. Karena grup E hanya berisikan tiga tim, maka penghitungan di grup lain juga disesuaikan dengan grup E (hanya dihitung dua laga saja).

Di grup yang berisi empat kontestan, maka hasil melawan tim juru kunci tak dianggap. Sedangkan grup yang berisikan lima kontestan, maka hasil kontra dua tim terbawah tidak dihitung.

Di grup G, apabila Garuda Muda kalah dari Korsel, maka sesuai dengan regulasi runner-up terbaik, hasil pertandingan menghadapi tim juru kunci akan dihilangkan.

Sehingga apabila Laos mampu mengalahkan Filipina, jelas akan menguntungkan Indonesia. Dengan demikian, maka hasil Indonesia melawan Laos (peringkat ketiga) akan dihitung, yakni 4-0. Sedangkan lawan Filipina (juru kunci) dengan skor tipis 2-0 tak dihitung. Dengan surplus empat gol, maka peluang Garuda Muda untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-19 lebih terbuka.

Saat ini sudah ada tiga tim yang memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-19, yaitu tuan rumah Myamnar, Vietnam, dan Oman sudah pasti lolos sebagai status juara grup. @ruzka

 556 total views

LEAVE A REPLY