14 Dari 32 UPS Tidak Berfungsi-depoktren

0
184

depoktren-Ternyata sebanyak 14 dari 32 unit pengolahan sampah (UPS) yang tersebar di berbagai kelurahan ternyata tidak berfungsi. Hal itu diungkapkan Pelaksana tugas Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Kania Parwanti.

Akibatnya Tempat Pembuangan  Akhir (TPA) Cipayung melebih kapasitas karena sampah dari rumah tangga langsung dibuang tanpa diolah di UPS terlebih dahulu. ”Kita punya 32 UPS dan 14 tidak berfungsi. Tentunya, ini berdampak secara langsung dalam pengolahan sampah. Kalau penyebabnya ya beragam, mulai dari masalah infrastruktur dan ada juga yang mendapatkan penolakan warga,” ungkap Kania.

Kania mengaku sulit untuk mengoperasikan kembali UPS tersebut. Oleh karena itu, dilakukan perluasan TPA ke Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. Pasalnya, TPA Cipayung yang ada saat ini sudah tidak bisa menampung sampah lagi pada pertengahan 2014. Sampai saat ini, lanjutnya, masih  ada penolakan warga pasir putih untuk memperluas TPA tersebut.

Untuk itu, pihaknya akan berupaya melakukan sosialisasi terlebih dahulu pada warga mengenai rencana perluasan. Padahal, dalam setiap harinya warga Depok memproduksi sampah sebanyak 5.000 m3. Namun,  Pemkot Depok  hanya mampu mengangkut 1.200 m3 sampah per hari.

”Memang,  masih ada kesalahpahaman warga yang hanya menyangka sampah akan ditumpuk begitu saja. Padahal yang dibangun adalah pabrik pengolahan sampah yang dikelilingi kawasan hijau,” tutur Kania. @ayu

 424 total views

LEAVE A REPLY