5 Langkah Going Green di Kantor

0
400

 

Efek global warming semakin hari semakin terasa. Penghijauan merupakan cara terbaik untuk mengurangi hal tersebut. Penerapan go green tidak hanya menanam sejuta pohon ,penerapanya pun tidak harus di luar , go green pun dapat di terapkan di kantor . Di dunia bisnis merupakan salah satu sektor yang secara langsung dituntut untuk turut peduli dengan melakukan berbagai langkah nyata yang bisa membantu mengurangi dampak negatif dari pemanasan global tersebut.

Berikut adalah langkah hijau yang dapat diterapkan di kantor

1.       Penerapan Paperless Office

Dokumen-dokumen penting dapat dikirim melalui email dalam bentuk PDF yang dilampirkan sebagai attachment , hal ini dilakukan untuk penghematan kertas yang digunakan untuk mencetak dokumen. Selain menghemat kertas cara ini bisa menekan biaya untuk pengeluaran pembelian tinta printer, kertas serta biaya jasa kurir atau pos.

2.       Memanfaatkan Kertas Bekas

Kita dapat memanfaatkan kertas yang sudah tidak terpakai bisa digunakan untuk mencorat-coret ide atau konsep , bisa juga di gunakan  untuk membuat catatan-catatan kecil dengan cara memotongnya kecil-kecil sebagai kertas notes.

3.       Saving Computer Energy         

Menghemat listrik tidak hanya dengan cara mematikan lampu , tetapi mematikan komputer atau alat elektronik lainya bila tidak digunakan merupakan salah satu cara untuk mengheemat listrik. Untuk komputer setting-lah ke status “sleep” untuk penghematan listrik komputer hingga 70%,sebaiknya tidak menggunakan screen saver karena dapat menyebabkan pemborosan energi.

Jika ada pertemuan , rapat atau stirahat sebaiknya matikan komputer anda.

4.       Hemat Air

Untuk yang satu ini pastikan tidak ada kran atau pipa air yang bocor . ketika menggunakan toilet cukup mengguyur toilet sekali saja , dengan menggunakan tombol flush. Tutup keran dengan rapat sehingga tidak ada air yang terbuang sia-sia. Bila anda menemukan kran air yang telah rusak , segera beritahu manajemen gedung tempat anda bekerja.

5.       Meletakan Tanaman di sudut ruangan          

Tanaman memiliki kemampuan untuk menyerap polusi udara dan membantu menghasilkan oksigen yang segar yang diperlukan oleh kehidupan di dunia ini. Oleh karenanya, paling tidak milikilah satu pot kecil tanaman yang bisa Anda taruh di sudut ruangan. Walaupun Anda bekerja di dalam ruangan ber-AC, polusi tetap terjadi. Selain tanaman kita dapat menaruh pot bunga kecil di sudut meja , selain untuk mempercantik ruangan juga dapat berfungsi sebagai penghijauan.

 

Nah, cara diatas adalah sebagian langkah kecil yang bisa anda lakukan untukpenerapan prinsip “Going Green” tidak hanya berdampak positif pada lingkungan, tapi juga berdampak positif pada bisnis saya dari sisi profitability.

Anda siap untuk go green ???

www.inafinance.com / novi nuryaningsih

 744 total views

LEAVE A REPLY