Mengenal Lebih Jauh Sebelum Investasi Apartemen

0
238
Foto: spiderman.propertikita.com

Trend investasi properti di Indonesia, khususnya di Jakarta, tahun 2013 meningkat. Jakarta saat ini berada pada peringkat 1 sebagai tempat para investor  untuk investasi properti. Posisi ini menggeser Singapura yang pada tahun lalu menduduki peringkat pertama dan Indonesia masih ada di urutan 11.

Menurut data yang dikutip dari data global property, Indeks harga properti residensial di Indonesia dari 14 kota besar naik sebesar 7,4 % selama tahun sampai akhir Q1 – 2013 , tahun – ke-tahun kenaikan harga tertinggi sejak Bank Indonesia mulai menerbitkan data dalam Q1 2008 . Namun disesuaikan dengan inflasi harga properti meningkat hanya 2,04% .

Permintaan mulai meningkat kuat Pada kuartal keempat 2012, penjualan properti residensial di Indonesia melonjak 26,7 % dari kuartal sebelumnya

Sekarang banyak apartemen yang akan di bangun di kawasan bisnis di jabodetabek, Yang menawarkan fasilitas lengkap , lokasi yang strategis dengan harga yang ditawarkan mudah terjangkau dan pembelianya pun dapat dicicil sehingga meringankan konsumen.

Seperti apartemen Pejaten Park Residence yang berlokasi di Jakarta menawarkan gaya hidup modern berkelas yang mengoptimalkan kenyamanan penghuninya yang baru 2 bulan ini melakukan pemasaran untuk 100 unit pertama dengan diskon 5%.

Jika Anda sedang mencari apartemen di Tangerang maka Anda bisa pertimbangkan untuk memilih apartemen Karawaci. berada pada lokasi yang sangat premium yang tentunya akan sangat melindungi nilai investasi anda. Solusi pembayaran yang ditawarkan tahun ini  mulai dari DP 0% dan bunga 0%, atau DP 50% libur bayar 2 tahun, atau tanda jadi 30juta dengan cicilan 3juta / bulan tanpa bunga.

Namun membeli sebuah apartemen butuh perhitungan yang serius, karena bila meleset, anda akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk pemeliharaan apartemen setiap bulannya. Memang meskipun apartemen menjadi milik anda, ada fasilitas bersama yang harus ditanggung oleh pemilik apartemen, dan ini menjadi ongkos investasi setiap bulannya. Berikut hal yang perlu di perhatikan untuk memulai investasi pada apartemen yang dikutip dari tipsta blogspot.

1.   Pilih lokasi yang strategis dan dekat dengan lokasi bisnis

Letak strategi yang strategis dan perhatikan nilai bisnisnya. Bila berniat untuk menyewakanya , maka pastikan lokasinya berdekatan dengan kawasan bisnis, tempat dimana para eksekutif atau ekspatriat akan menyewa apartemen anda. Bila kawasan bisnis tersebut sedang berkembang maka perhatikan pula kawasan pengembangan kawasan tersebut.

Anda juga harus memiliki feeling kedepan pada lokasi apartemen yang akan anda beli. Pikirkan apakah kawasan ini akan berkembang , lihat bangunan atau landmark yang ada di sisi apartemen tersebut. Bila letaknya dikelilingi oleh sentral bisnis seperti hotel, pusat perbelanjaan serta kantor-kantor besar maka sudah pasti harga sewa nya akan mahal.

2.  Pilih pembiayaan investasi yang fleksibel

Bila anda cekak di modal, maka pilih pengembang yang memberi kemudahan dalam pembiayaan pembelian sebuah apartemen. Biasanya mereka menawarkan promo yang terbatas untuk pembeli apartemen yang lebih awal, seperti kemudahan mencicil apartemen atau bunga cicilan yang tetap selama beberapa tahun. Pembiayaan yang fleksibel ini akan menekan besarnya modal investasi.

Meskipun anda juga harus memiliki perhitungan sendiri saat membeli apartemen untuk investasi. Harus diperhitungkan bahwa anda tidak akan kesulitan saat membeli apartemen tersebut. Sudah tentu kerjasama dengan lembaga keuangan sangat penting saat membeli apartemen ini. Terutama dalam pembiayaan pembelian apartemen, ini akan membuat pembiayaan investasi menjadi lebih fleksibel.

3.   Perhitungkan ongkos investasi apartemen

Investasi apartemen seperti investasi lainnya pasti memiliki ongkos investasi. Disini yang terpenting jangan sampai ongkos investasi terlalu besar, sehingga keuntungan menjadi menipis. Bahkan bisa merugi bila tidak ditata dengan baik. Ongkos investasi apartemen ini bisa biaya bulanan untuk pemeliharaan apartemen, atau bisa juga renovasi interior dari apartemen tersebut.

Nah, berminatkah anda untuk berinvestasi apartemen ?

(novi nuryaningsih /FINANCE Indonesia | www.inafinance.com )

 670 total views

LEAVE A REPLY