10 Mahasiswa UI Raih Beasiswa Yayasan Marubeni Jepang

0
299

depoktren-Sebanyak 10 mahasiswa terbaik Universitas Indonesia (UI) memperoleh beasiswa dari Yayasan Beasiswa Marubeni Jepang. Pemberian beasiswa kali ketiga ini dilakukan di Gedung Rektorat UI, Kampus Depok, oleh Presiden Direktur PT Marubeni Indonesia Naoto Itakura langsung kepada penerima beasiswa.

Naoto mengatakan beasiswa tersebut untuk mendukung pendidikan generasi muda untuk memajukan bangsa. Marubeni, kata dia, telah mengembangkan yayasan beasiswa di kawasan ASEAN termasuk Indonesia yang didirikan sejak tahun 1999.

”Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR), yang menunjukan komitmen perusahaan untuk mendukung mahasiswa yang kurang mampu tetapi memiliki kemampuan akademik yang terbaik sekaligus untuk memperkuat kontribusi kerjasama pendidikan di Indonesia, UI merupakan target mitra kami sejak tahun 2011,” ujar Naoto dalam sambutanya di Depok, Selasa (22/10).

Naoto menjelaskan beasiswa tersebut tidak hanya sekedar biaya kuliah tetapi juga mencakup kebutuhan biaya hidup penerima beasiswa. Totalnya yakni mencapai Rp 16 juta per tahun untuk setiap mahasiswa.

”Itu untuk memberikan semangat kepada mahasiswa untuk belajar dan menyelesaikan kuliahnya sesuai jadwal, tentunya juga meningkatkan kualitas pendidikan generasi Indonesia pada umumnya,” jelasnya.

Pejabat Rektor UI Muhammad Anis mengatakan awalnya kerjasama tersebut khusus hanya dengan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI, namun akhirnya menjadi skala universitas. Penerima beasiswa tersebut diutamakan karena prestasi akademik atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan berasal dari keluarga tak mampu. @raakan

 547 total views

LEAVE A REPLY