Pelajar AMEC Panen Sayuran Di Kebun Organik

0
320

depoktren-Ratusan siswa SDIT dan SMPIT AMEC di Kelurahan Serua bersuka ria menyambut panen sayuran di kebun organik di lingkungan sekolah mereka. Hasil panen tersebut tidak langsung dibawa pulang, melainkan diolah bersama menjadi masakan siap saji. Hal itu dilakukan guna menghindari jajanan diluar sekolah.

“Jajanan diluar lingkungan sekolah memang digemari anak-anak, namun nilai gizinya rendah dan belum tentu baik untuk kesehatan anak.”ujar Ma’mun Ridwan, Direktur sekolah AMEC usai melakukan panen sayuran bersama Kepala Dinas Pertanian Kota Depok, Abdul Harris, Kamis (24/10).

Lebih lanjut Ma’mun mengatakan, sebagai pengganti jajanan anak, para orang tua harus kreatif membuat makanan organik dari yang ada dilingkungan kita.”Semua bahan makanan itu tumbuh subur di tanah air, sehingga mudah ditemukan seperti hasil panen berupa kangkung, bayam, dan caisin.”terangnya.

Tanaman sayur yang ditanam disini, lanjut Ma’mun menggunakan pupuk organik dan pupuk kandang sehingga sehat dan aman dikonsumsi. Panen kebun organik dilakukan empat kali dalam setiap tahun ajaran. Proses menanam, perawatan hingga panen dilakukan oleh para peserta didik yang tergabung dalam agribisnis club-kegiatan ekstrakurikuler di SDIT dan SMPIT AMEC. Kegiatan ini juga untuk mendukung nominasi SDIT AMEC sebagai sekolah berbudaya lingungan (SBL) tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2014, sedangkan di SMK AMEC akan kita latih tanaman obat herbal.

Panen sayuran ini juga sebagai peringatan hari pangan se-dunia di AMEC dengan tema, let’s be organic food and avold jungk food. “Tema ini mengingatkan terus kepada orang orang tua yang sayang kepada kesehatan anak-anaknya agar menghindari junk food. @ris

 631 total views

LEAVE A REPLY