Solusi Masalah Sampah, Warga Bukit Rivaria Depok Buat Bank Sampah

0
300

depoktren-Warga Perum Bukit Rivaria Sawangan menunjukkan rasa kepedulian terhadap kebersihan lingkungannya dengan membentuk bank sampah. Bank sampah bukit Rivaria Kelurahan Bedahan dimotori dan diketuai oleh Bapak Dwiyanto Kelik berlokasi di Blok I5/27 Rw 10 Perum Bukit Rivaria Kelurahan Bedahan  Kecamatan Sawangan Kota Depok.

Bank sampah yang pada bulan ini genap berusia satu tahun beranggotakan lebih dari 60 orang aktif dari lingkungan Perum Rivaria dan sekitarnya. Kedepannya akan terus bertambah seiring dengan waktu serta pertumbuhan warga disekitar. Bank sampah ini beroperasi secara rutin yaitu pada hari Minggu pagi setiap minggunya. Untuk lokasi gudang bank sampah Bukit Rivaria sendiri berada di Blok A5/19 RT 01/10 Kelurahan Bedahan.

Menurut Bapak Kelik, Bank Sampah Bukit Rivaria berdiri dilandasi dengan semakin peliknya permasalahan sampah dimasyarakat terutama di lingkungan perumahan Bukit Rivaria yang sampai saat ini masih menjadi persoalan utama bagi warganya. Hal ini untuk mendukung pemecahan permasalah sampah yang sekarang menjadi prioritas utama bagi Pemerintah Kota Depok.

Menurutnya hal yang paling mendasar dalam penyelesaian sampah adalah pemahaman masyarakat itu sendiri dalam pengolahan sampah yang ada di tiap rumah tangga.  Ada bebebrapa tahapan yang dilakukan di bank sampah ini yaitu  dilakukan penimbangan, pemilihan serta kegiatan lainnya yang berhubungan dengan bank sampah.

Hal pertama yang paling sederhana harus dilakukan oleh warga adalah bagaimana memisahkan antara sampah organik dan sampah non organik. kalau langkah pertama ini sudah merata dilakukan warga maka diharapkan permasalahan sampah secara bertahap bisa diatasi.

Untuk tahapan pertama Bank sampah Bukit Rivaria sudah memberikan manfaat yang sudah  dirasakan semua anggota bank sampah itu sendiri. Tahapan selanjutnya akan dilakukan pemanfaatan sampah agar lebih bernilai ekonomi  dan bermanfaat serta bisa dijadikan barang-barang inovatif yang bernilai jual tinggi. @akan

 609 total views

LEAVE A REPLY