Penderita HIV/AIDS di Depok 301 Orang, Meninggal 15 orang

0
187

depoktren.com-Terdapat 301 penderita HIV/AIDS dan korban yang meninggal 15 orang, di Kota Depok, Jawa Barat (Jabar) yang terhitung dalam kurun 2009 hingga Oktober 2013.

”Jangan sampai bertambah, jika bisa menekan dengan sedikit mungkin,” kata Noerzamanti Lies, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kota Depok, Senin (4/11).

Menurut Lies, Kota Depok melalui KPAD terus melakukan upaya untuk mencegah penularan Human Immunodeficiency Virus (HIV), penyebab Acquired Immune Deficiency Syndrome yang labih dikenal AIDS atau hilangnya kekebalan tubuh.

”Itu merupakan upaya yang dilakukan oleh KPA. Upaya yang paling sering kita lakukan adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya remaja,” jelasnya.

Lies menambahkan penderita HIV/AIDS di Kota Depok lebih banyak karena terinfeksi melalui jarum suntik dibandingkan melalui hubungan seksual. Penyebaran virus HIV juga bisa berasal dari transfusi darah.

”Di Kota Depok yang paling banyak mengidap adalah usia antara tiga sampai 39 tahun, namun ada beberapa kasus yang menimpa usia belasan tahun, untuk itu sosialisasi dan pendidikan untuk kaum remaja harus terus digalakan,” pungkas Lies. @nov

 477 total views

LEAVE A REPLY