Wakil Walikota Depok : Penderita HIV AIDS Depok Meningkat

0
271

depoktren.com-Wakil Walikota Depok, Idris Abdul Somad mengungkapkan, jumlah penderita HIV/Aids (ODHA) di Depok meningkat. saat ini penderita HIV/AIDS di kota Depok sebanyak 301 orang. Untuk itu, Idris meminta peran serta masyarakat terutama dari kalangan agamawan, seperti, Majelis Ulma Indonesia (MUI) agar bisa berperan aktif dalam menanggulangi masalah moral.

”Kita minta MUI turut serta membantu Permasalahan moral di Depok. Sebab, masalah moral, kesehatan juga membutuhkan peran serta masyarakat. Apalagi, penderita ODHA meningkat sampai 301 orang,” ungkapnya, seusai peresmian Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) As-Syifa, Parung Bingung, Pancoran Mas. Senin (11/11).

Dalam kurun waktu enam bulan, ungkapnya lagi, tedapat 36 penderita baru yang mengidap penyakit yang belum ada obatnya itu.

Sekretaris KomisiĀ  Penanggulangan Aids (KPS) Kota Depok Herry Kuntowo mencatat semester pertama 2013 penderita AIDS sebanyak 188 kasus, 36 diantaranya adalah penderita baru. Menurutnya, penanganan yang tidak maksimal membuat penderita penyakit ini bertambah dari tahun ke tahun. ”untuk mencegah penyakit ini bisa dilakukan dengan pendeteksian dini,” terangnya

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Lies Karmawati menmbenarkan naiknya jumlah penderita ODHA. Menurutnya, fenomena penderita ODHA seperti gunung es atau masih banyak yang belum terdata di lapangan. Pihaknya telah berupaya dalam menanggulangi penyakit tersebut. Bahkan, saat ini juga telah tersedia klinik khusus penderita HIV/AIDS dan penyakit seksual.

”Jumlah ini merupakan laporan penemuan data di lapangan. Padahal, banyak penderita yang tak terdeteksi. Tentu, melalui upaya pencegahan sejak dini dan pengobatan juga terus dilakukan,” pungkas Lies. @akan

 595 total views

LEAVE A REPLY