PGRI Akan Fokus Perjuangankan Nasib Guru Honor

0
136

depoktren.com-Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Cabang Kota Depok, Eman Hidayat menjelaskan, organisasinya sangat intens dalam memperjuangkan nasib guru honorer. Perjuangan untuk mereka dari mulai ke BKN hingga ke MenPAN, hal itu berkaitan dengan nasib K1 yang ada persoalan admistrasi.

”Yang lalu memang hampir tidak ada kesempatan, akhirnya kami dan teman-teman honorer menjalin komunikasi dan koordinasi,” ujar Eman kepada wartawan, seusai upacara Hari Guru Nasional dan HUT ke-68 PGRI 2013 di di lapangan Hawai, Beji, Kota Depok, pada Senin (25/11).

Hasil dari itu, lanjutnya, K1 bisa menjadi K2. ”Nah K2 beberapa minggu lalu telah diadakan tes, ini tentunya kembali lagi kepada masing-masing. Yang jelas kami dari organisasi sudah berusaha baik di level nasional maupun provinsi, agar guru honorer tetap menjadi perhatian,” paparnya.

Eman menambahkan, saat ini guru honorer yang telah diajukan bantuan ke Gubernur Jawa Barat mencapai 1.347. Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, guru honorer yang telah menjadi PNS mencapai kurang lebih 4.500.

”Honor mereka itu relatif, rata-rata Rp 500 ribu per bulan. Adapun honor guru disepakati antara pihak sekolah dan guru yang bersangkutan. Namun di level TK itu masih banyak yang di bawah Rp 500 ribu per bulan,” jelasnya.

Meskipun kuota penerimaan K2 terbatas, namun Eman berharap guru honorer yang sudah menjadi kelompok ini harus tetap menjadi perhatian. ”Itu yang menjadi komitmen kami juga, karena bagimana pun mereka telah mengabdi untuk bangsa ini,” tegas Eman.

Ketua PGRI Cabang Kecamatan Bojongsari, Marzuki Yatim mengungkapkan, bahwa dirinya telah berusaha semaksimal mungkin untuk memperjuangkan nasib guru honorer yang ada di wilayahnya.

”Kami telah berkoordinasi juga di tingkat kota dan provinsi. Bahkan Pak Gubernur menjanjikan akan memberikan uang transport kepada guru honorer, hal itu diungkapkannya pada saat konfrensi PGRI di Bandung beberapa waktu lalu,” pungkas Marzuki. @akan

 442 total views

LEAVE A REPLY