Jangan Hanya Bicara, Mari Menanam Pohon!

0
381
Presiden SBY menanam pohon di Bali. Foto: harianterbit.com
Presiden SBY saat meninjau lokasi banjir di lingkungan Istana Negara Jakarta beberapa waktu lalu. Foto: presidenri.go.id
Presiden SBY saat meninjau lokasi banjir di lingkungan Istana Negara Jakarta beberapa waktu lalu. Foto: presidenri.go.id

depoktren.com – Karangasem, Bali: Untuk mewujudkan Indonesia yang hijau, tidak ada cara lain selain melakukan gerakan menanam pohon. Sekarang, dan bersama-sama.

“Mari kita menanam pohon, sekarang, bersama-sama, dan sebanyak-banyaknya. Tidak perlu diteorikan yang muluk-muluk dan kemudian kita bingung dalam mengimplementasikannya,” kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam aksi penanaman pohon pada acara Puncak Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) 2013 di Desa Datah, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali, Senin (25/11) sore.

Setiap dari kita pasti sedih jika ada bencana alam yang datang akibat kelalaian manusia menjaga alam. Apalagi jika bencana tersebut menelan korban jiwa yang tak terkira.

Untuk menghindari bencana seperti itu terjadi, Presiden mengajak seluruh masyarakat Indonesia senantiasa memelihara alam. “Jangan mengeluh, jangan saling menyalahkan, jangan hanya bicara dan malah tidak menanam,” SBY mengingatkan.

Hamparan tanah yang gersang dan kering kerontang memang memilukan kita. Sebaliknya, ketika melihat pohon-pohon tumbuh subur dan semakin menghijau, maka hati kita pun menjadi teduh.

SBY kemudian bercerita, dua hari lalu mengunjungi Danau Batur, di daerah Kintamani, Bali. Di sana airnya jernih dan bersih. Demikian juga hutan di sekitarnya semakin menghijau dan sangat indah.

“Hari ini, kita juga berada di tempat yang tak kalah indah. Tempat yang berada diantara puncak gunung dan samudera. Mari kita jadikan tanah Bali ini menjadi tanah yang membawa kebaikan di masa depan, baik bagi Indoonesia maupun dunia,” ajak SBY.

Kita semua juga berharap Indonesia makin subur, makin indah, dan makin hijau agar anak dan cucu kelak memperoleh kemudahan. Secara langsung ataupun tidak langsung, alam mendukung kebutuhan mereka di masa depan. (yor/presidenri.go.id)

 783 total views

LEAVE A REPLY