Semangat Muharam dalam Kehidupan

0
131
Peringatan Muharram di Depok. Foto: humasdepok
Peringatan Muharram di Depok. Foto: humasdepok
Peringatan Muharram di Depok. Foto: humasdepok
Wakil Walikota H. Muhammad Idris Abdul Shomad hadir dalam Gebyar Muharram 1435 H di Yayasan Perguruan Islam (YPI)  Al-Falah 1, Kelurahan Pancoran Mas, Selasa (26/11) pagi. Gebyar yang mengusung tema“Menjalin Silaturahmi dengan Cinta dan Berbagi” ini, menghadirkan Ust. Anwar Nasihin sebagai penceramah. Kepala Sekolah  YPI Al-Falah 1, Bapak Jarwoto, menginformasikan bahwa acara seperti ini selalu diadakan setiap tahun. Sebagai informasi bahwa YPI ini merupakan 3 lembaga yang terdiri dari RA/TK dengan 85 siswa, MI/SD dengan 510 siswa, dan SMP sebanyak 240 siswa. Dilihat dari banyaknya siswa tersebut berarti keberadaan YPI Al Falah sudah dirasakan oleh masyarakat, khususnya diwiliyah Pancoran Mas.
Jarwoto melanjutkan, kegiatan sosialyang rutin ini diselenggarakan selain untuk berbagi, juga untuk menjalankan sunnah Rasul, yaitu menggembirakan anak yatim dilingkungan sekitar kita. “Dengan berbagi, maka derajat kita akan diangkat, jadi jangan takut untuk selalu berbagi.” Ujar Jarwoto seraya menambahkan jumlah anak yatim yang ada di YPI Al Falah sebanyak 51 orang.
Wakil Walikota mengatakan ada 3 semangat dalam Gebyar Muharram yang bisa dijadikan landasan dasar untuk dimasa mendatang, yaitu (1) Semangat Pengorbanan. Dalam peristiwa hijrah contoh/tauladan yang melakukan semangat pengorbanan adalah Ali bin Abi Tjolib, Asiyah, Abu Bakar, dan masih banyak lagi. Kiprah mereka semua dalam peristiwa hijrah, memberikan gambaran kepada kita dalam kehidupan bahwa hidup adalah perjuangan dan memerlukan pengorbanan.
(2) Semangat  Perubahan. Kita bisa melihat Abdullah Ibnu Salam dalam peristiwa hijarah ini yang memiliki semangat perubahan. Perubahan yang dilakukan kala itu adalah perubahan ideologi dari jahiliyah menjadi islam. Dari kisah tersebut, kita harus terus berubah hingga menjadi lebih baik, berubah dari negatif menjadi positif. (3) Semangat Pemberdayaan. Peristiwa hijrah menjadikan masjid sebagi pusat pemberdayaan. Begitu juga dengan Ta’lim dan sekolah ini, bisa menjadi pusat pemberdayaan.
“Semoga ketiga semangat yang ada dalam peristiwa muharram/hijrah, bisa dimunculkan dan diwujudkan, sehingga dapat mencetak generasi-generasi calon pemimpin bangsa yang baik, unggul, dan berkualitas” harap Wakil Kota Depok.
Dalam kesempatan itu Wakil Walikota juga menghimbau untuk terus membimbing anak-anak yatim dalam menuntut ilmu dan mengaji, sehingga mereka memiliki ahlak yang baik. Karena pada hakekatnya, anak yatim bukanlah anak yang kehilangan ayah/keturunan, tetapi kehilangan ilmu dan ahlak. Untuk itu, kita bisa menggantikan fungsi ayah kepada anak yatim sehingga mereka bisa tetap mendapatkan bimbingan tentang ilmu dan ahlak sebagai bekal kehidupan. (olas)

 295 total views

LEAVE A REPLY