Polwan Depok Sudah Berjilbab

0
242
Illustrasi Seorang Anggota Polwa Aceh tampak serasi dengan jilbabnya

depoktren.com-Sebagian besar anggota Polisi Wanita (Polwan) yang bertugas di jajaran Polresta Depok sudah mengenakan jilbab. Berdasarkan pemantauan, Polwan yang berjilbab bertugas di bagian perencanaan Marpolresta Depok dengan menggunakan jilbab sesuai dengan ketentuan Polresta Depok yakni warna cokelat.

Selain di Maporesta Depok, sebagian Polwan yang bertugas di Mapolsek Beji Depok juga berjilbab. ”Pihaknya mempersilahkan para Polwan yang hendak berjilbab,” kata Kapolresta Depok, Kombes Pol Acmad Kartiko, di Depok, Jawa Barat (Jabar), Senin (2/12).

Menurut Kartiko, Polwan yang mengenakan jilbab harus menyesuaikan dengan standar yang ada, misalnya warna jilbab yang senada dengan seragam kepolisian yaitu cokelat. ”Kalau mau pakai jilbab silahkan dan disesuaikan dengan seragam,” tandas Kartiko yang mengungkapkan jumlah Polwan yang bertugas di jajaran Mapolres Kota Depok ada 81 Polwan.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane menyayangkan sikap Mabes Polri yang menggeluarkan TR (Telegram Rahasia) mengenai penundaan penggunaan jilbab oleh Polwan. ”Sangat disayangkan, jika tidak hati-hati TR itu bisa dinilai sebagai upaya melecehkan kaum muslimah di kepolisian. Sebab Polwan-Polwan yang sudah memakai jilbabnya harus membuka kembali jilbabnya dengan adanya TR tersebut,” ujar Neta saat dihubungi Republika, di Jakarta, Senin (2/12).

Menurut Neta, MUI dan ormas Islam harus protes keras ke Mabes Polri karena sangat tidak mendasar TR yang dilayangkan Wakil Kapolri Komjen Oegroseno terkait penundaan pengenaan jilbab bagi Polwan dengan alasan banyak ditemukan ketidakseragaman dalam berjilbab.

”Mabes Polri harus segera menarik TR tersebut dan menggantinya dengan TR yang mengatur keseragaman warna, maupun pola jilbab yang dikenakan Polwan, sampai Peraturan Kapolri (Perkap) soal jilbab tersebut dikeluarkan Kapolri,” tutur Neta. @akan

 436 total views

LEAVE A REPLY