Terintegerasi Pembangunan Terminal Terpadu dengan Stadebar

0
288

depoktren.com-Terintegerasi pembangunan terminal terpadu dengan Stasiun Depok Baru (Stadebar). Demikian diungkapkan Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Nasrun ZA, Selasa (3/12).

”Pembangunan Terminal Terpadu yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok rencananya akan terintegrasi dengan Stadebar. Karena itu penjajakan terus dilakukan bersama kontraktor atau pihak ketiga untuk merevitalisasi terminal tersebut,” ujar Nasrun.

Lanjut Nasrun, optimalisasi terminal Depok terus berjalan untuk meningkatkan kualitas terminal menjadi lebih modern dan mengintegrasikan angkutan umum dengan kereta. ”Kita rencanakan agar terintegrasi, agar penumpang menjadi lebih nyaman,” terangnya.

Peran Pemerintah Kota, kata Nasrun, adalah menyiapkan akses jalan sementara pembangun akan dilakukan oleh pihak ketiga. Peran Dishub, lanjutnya, juga dalam hal pengaturan trayek angkot yang akan masuk terminal atau cukup berhenti di terminal di sebelah stasiun.

”Pertimbangan lain, juga dengan membuat sarana penyebrangan bagi pejalan kaki. Pejalan kaki nantinya bisa menyebrang lewat bawah stasiun, ini yang sedang kami pikirkan,”  jelas Nasrun.

Pembangunan Terminal Terpadu Depok diklaim menjadi satu keharusan. Nantinya, angkot dari arah barat masuk ke terminal depan stasiun. Sedangkan angkot dari arah timur masuk ke terminal belakang ITC.

”Itu bertahap akses jalannya. Aksebilitas timur ke barat juga kami pikirkan. Kalau itu selesai, baru kita pindahkan angkot. Dishub hanya leading sector yang mengelola terminal,” tegas Nasrun.

Menurut Nasrun, pembangunan terminal dengan konsep terpadu akan diklaim menguntungkan banyak pihak. Dari mulai masyarakat sebagai pengguna angkutan, sopir, pemilik kendaraan, pedagang, dan pemerintah. Sebab kondisi terminal Depok saat ini semakin overload dengan jumlah angkot lebih dari tiga ribu angkot. @raakan

 509 total views

LEAVE A REPLY