Dipungli Pencairan Dana Santunan Kematian

0
155

depoktren.com-Pencairan dana kematian diwarnai pungutan liar (Pungli). Sebanyak 1.717 jiwa menerima dana santunan kematian yang digelar dihalaman Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Depok (Disnakersos) Kota Depok, Jawa Barat (Jabar).

Pungli sebesar Rp 30ribu dikenakan kepada ahli waris dengan dalih untuk membayar meterai dan kwitansi serta fotokopi surat pernyataan. Salah satu ahli waris dari Rumaida Silalahi, Bakhtiar Butar-Butar, memprotes adanya pungli tersebut.

”Masak, kami dikenai Rp 30ribu. Coba kalikan saja dengan jumlah penerimanya setidaknya 1.500 jiwa atau sejumlah Rp 45juta,” ujar Bahtiar Butarbutar kepada wartawan, Kamis (5/12). Ahli waris bernama Farida dan Wati, terpaksa pulang, lantaran tak memiliki uang untuk membayar Rp 30 ribu tersebut.

Sementara itu salah satu penerima dana santunan Misrani (40) jatuh pingsan, lantaran menunggu antrian yang lama.

Prosesi pencairan yang dikomadoi Kabid Sosial Disnakersos, Oo Sudradjat, dibantu oleh petugas Tagana di antaranya Marni alias Mami, mengakui bahwa  memang jual kwitansi dan biaya fotokopi. “itu semata-mata membantu warga kok. Eeeh malah disangka yang bukan-bukan,” kilahnya.

Diah Sadiah, selaku Kepala Disnakersos Kota Depok membantah adanya pungli karena uang Rp 30ribu itu pembelian meterai dan fotokopi surat pernyataan.

“Tidak ada perintah pungutan Rp 30ribu itu. Tetapi memang uang itu untuk biaya kwitansi, itupun yang jual bukan PNS, tapi orang luar (anggota Tagana),” kilahnya.

Santunan kematian hanya untuk masyarakat miskin dengan salah satu syarat harus memiliki kartu Jamkesda. Masing-masing ahli waris menerima Rp 2 juta atau setara Rp 3,434 milyar yang dibagikan untuk 1.717 ahli waris mulai (25/11/2013) hingga (5/11/2013).

Prosesnya, para ahli waris memverifikasi data pewaris yang meninggal melalui isian formulir lalu mengisi surat pernyataan tentang tidak adanya pungutan lain dari Dinas Tenaga Kerja & Sosial (Disnakersos) Depok. Selanjutnya ahli waris menandatangani kwitansi senilai Rp 2juta. Meterai ditempel ke surat pernyataan & kwitansi. @iski

 386 total views

LEAVE A REPLY