Kasus Korupsi Biher, Sekdis Disdik Akan Diperiksa Kejari Depok

0
177

depoktren.com-Kasus korupsi yang telah ditetapkan dijadikan tersangka kontraktor proyek pembangunan SMKN 3 Cimanggis, Depok, Biher Sitorus berimbas dengan diperiksanya Sekretaris Dinas (Sekdis) Pendidikan (Disdik) Kota Depok Muhammad Nurdin oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Depok.

”Sekdis Disdik diperiksa karena punya peranan penting dalam kasus tersebut karena dia tahu betul asal muasal lahan yang masih dalam permasalahan untuk pembangunan SMKN 3 Depok,” kata Kewpala Seksi Pidana Khusus (Kasipidsus), Hendri Siswanto, Kamis (5/12).

Kasus ini bermula saat dilakukan lelang pembangunan SMKN 3 yang dimenangkan CV Bunda Kasih dengan nilai kontrak Rp 1,164 miliar dan Sahrul Janlindung selaku direkturnya. Selanjutnya oleh Sahrul dikuasa direksikan kepada Biher Sitorus, namun surat kuasa direksi tersebut tida pernah diberikan ke Dinas Pendidikan (Disdik) selaku yang menyelenggarakan lelalng.

Pada 13 September 2012 dibuatlah surat perjanjian dengan nomer 02/PPK/SPUSBSMKN3/Disdik/IX/2012 dengan perjanjian proyek pembangunan mulai 13 September 2012 hingga 26 Desember 2012. Parahnya, ternyata tandatangan perjanjian itu palsu. Bermodalkan surat palsu tersebut, tersangkia Biher mengajukan surat pencairan uang muka dengan nomer 01/Dir/CV.BK/Pembangunan Unit Sekolah Baru SMKN3/Disdik/IX/2012.

Pada 8 September 2012 cairlah dana sebesar Rp 232.800.000 masuk kerekening tersangka Biher. Ternyata setelah menerima uang tersebut tersangka Biher tidak melakukan pekerjaannya dengan alasan tanah masih dalam sengketa dan tidak bisa melakukanj pekerjaan pembangunan. @apid

 485 total views

LEAVE A REPLY