Kurangi Pemakaian Kendaraan Pribadi, Beralihlah ke Transportasi Umum

0
186

depoktren.com-Masyarakat harus mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan sudah saatnya beralih ke transportasi umum. Demikian disampaikan Prof Sigit Pranowo, usai dikukuhkan sebagai guru besar Ilmu Transportasi Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) di kampus UI Depok, Jawa Barat (Jabar), Kamis (5/12).

”Masyarakat harus menyadari hal itu, kurangi pemakaian kendaraan pribadi,” kata Sigit yang menjelaskan masalah transportasi merupakan masalah pelik bagi sebuah negara maju ataupun berkembang. Kemacetan menjadi wajah sehari-hari.

Menurut Sigit, melonjaknya jumlah kendaraan serta semakin sempitnya ruas jalan dan kurang berminatnya masyarakat menggunakan transportasi umum karena tidak layak menjadi penyebab pasti timbulnya kemacetan lalulintas.

”Jadi sebagai jalan keluar, pemerintah juga harus mencari cara mengubah cara berpikir masyarakat untuk mengurangi penggunaan kendaraan probadi dan mulai beralih ke angkutan umum. Jika langkah ini tidak segera dilakukan maka siap-siaplah sejumlah kota, yakni Depok, Tangerang, Bekasi, Bogor dan terutama Jakarta dan kota-kota besar lainnya akan menghadapi kemacetan lebih parah ditahun-tahun mendatang,” tutur Sigit. @azra

 477 total views

LEAVE A REPLY