Guru SMPN 14 Depok Ciptakan Alat Teknologi Baru, Interactive Whiteboard

0
571

depoktren.com-Dalam mendukung proses belajar mengajar yang inovatif, salah satu guru SMPN 14 Depok menciptakan Interactive Whiteboard sejak tahun 2012 lalu. Alat ini merupakan layar touch screen pada papan tulis ketika menggunakan proyektor.

Interactive Whiteboard sudah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan swasta. Namun harganya mencapai ratusan juta rupiah. Hal itu menjadi landasan utama Taufik Ibrahim mencari cara agar guru-guru di Kota Depok dapat menggunakannya dengan harga terjangkau.

”Saya menggabungkan antara asisten proyektor dengan software yang diperoleh secara gratis di internet. Software tersebut yaitu smartnotebook atau opensancore. Dengan begitu akan mudah didapat dengan harga yang terjangkau,” tutur Taufik.

Guru IPS ini mengaku anak didiknya sangat antusias dengan adanya interactive whiteboard. Mereka dapat langsung menggunakan tanpa mendekat ke komputer. Alat ini juga mudah dibawa kemana-mana karena bentuknya sangat fleksibel.

Wakil Walikota Depok H. M. Idris Abdul Shomad menanggapi dengan bangga. Pihaknya akan mendukung sepenuhnya terkait penemuan teknologi tersebut. ”Hal ini akan kami jaga dan beri penghargaan karena mampu membantu proses belajar mengajar. Ini merupakan salah satu penunjang program andalan Kota Depok yaitu Depok Cyber City,” ucapnya.

Idris menghimbau agar pengguna dapat mengaplikasikannya dengan mudah. Selain itu dapat memanfaatkan dengan sebaik mungkin. Interactive whiteboard adalah sebuah papan tulis besar yang menampilkan isi desktop komputer melalui proyektor. Melalui tampilan tersebut, pengguna dapat mengontrol isi desktop komputer melalui stylus pen dan jari tangan. (van/indri/Diskominfo)

 1,047 total views

LEAVE A REPLY