Atasi Banjir Jakarta, Kementerian PU Bangun Tiga Waduk di Depok

0
180

depoktren.com-Untuk mengatasi banjir yang kerap terjadi di ibukota DKI Jakarta, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) berencana membangun tiga waduk di Depok. Hal itu dikatakan Direktur Bina Penatagunaan Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Arie Setiadi, disela menghadiri seminar di Universitas Guna Darma Depok, Jumat (13/12).

Arie mengatakan pembuatan waduk tersebut menjadi salah satu langkah serius pemerintah untuk menanggulangi banjir di Jakarta. Namun untuk masalah lokasi persis, Arie menjelaskan bahwa proyek tersebut masih dalam tahap studi.

”Bikin waduk kita dukung, kami akan bikin waduk kecil-kecil, sedang dalam studi. Satu waduk yang besar di Ciawi, tiga waduk kecil di Depok,” jelasnya

Lanjut Arie, tiga waduk kecil tersebut luasnya dibawah 10 hektar. Konsep waduk tersebut akan di dasar sungai Ciliwung. ”Nantinya¬† waduk itu berada di aliran sungai Ciliwung. Sehingga Sungai Ciliwung dikeruk di badan sungai kecil-kecil, di bawah 10 hektar luasnya. ”Rencana ini serius kami jalankan,” tegas Arie.

Ketiga waduk di Depok tersebut nantinya bisa menahan air 1 juta meter kubik sebelum sampai ke Jakarta. ”Fungsinya mempunyai air baku dan mengendalikan banjir,” tandas Arie. @van

 418 total views

LEAVE A REPLY