Angkutan Umum Wajib Miliki Izin

0
176

depoktren.com-Angkutan umum di Depok wajib memiliki ijin. Untuk itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok melakukan sosialisasi terkait regulasi bagi angkutan dan penumpang kendaraan umum. Kegiatan tersebut dilakukan di Gedung Sanono Mulyo, Kalimulya, Senin (16/12).

Sosialisasi ini bertujuan untuk memperbaiki manajemen angkutan umum yang sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ). ”Kami memberikan informasi mengenai sistem angkutan umum yang telah diberlakukan berdasarkan UU. Selain itu diberikan juga mengenai rancangan peraturan Walikota tentang perizinan angkutan umum,” ujar Kepala Bidang Angkutan Dishub Depok, Anton Taufani M.

Peraturan yang akan dikeluarkan Walikota yaitu mengenai perizinan angkutan umum. Saat ini kepemilikan angkutan masih milik perorangan. Namun kedepannya harus dibawah naungan badan hukum.
”Setelah peraturan tersebut ditentukan, kami akan mensosialisasikan kembali kepada seluruh pemilik angkutan umum trayek Kota Depok. Persyaratan yang akan diberikan antara lain mengenai umur dan kelayakan kendaraan,” jelas Anton.

Anton mengaku sistem seperti ini sudah pernah diberlakukan pada tahun 2003 hingga 2009. Namun karena adanya kenaikan BBM  otomatis suku cadang dan bahan lainnya naik. Sehingga pemilik kendaraan umum mengajukan keringanan kepada pihak Dishub.

”Keringanan yang diberikan terlalu lama, sehingga berkelanjutan hingga saat ini. Dalam waktu dekat akan diterapkan kembali sistem yang sudah pernah dilakukan tersebut,” tutup Anton. @fan/indri/Diskominfo

 377 total views

LEAVE A REPLY