Makanan Kantin Sekolah Diawasi Pengawas Pangan Cilik

0
355

depoktren.com-Makanan kantin sekolah akan diawasi oleh para pengawas cilik pangan. Pengawas pangan cilik itu terdiri dari 55 Sekolah Dasar di Kota Depok.

Para pengawas pangan cilik tersebut berkumpul untuk mempresentasikan hasil pengawasan mereka terhadap makanan yang ada di kantin sekolah mereka masing-masing kepada pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Senin (16/12).

Para pengawas pangan cilik ini memang mempunyai tugas untuk mengawasi makanan yang masuk ke kantin dan sebelumnya sudah mendapatkan pelatihan mengenai makanan yang layak dan tidak layak edar di kantin. ”Sebelumnya mereka sudah kami beri pelatihan mengenai keamanan makanan, bahan yang berbahaya pada makanan, kehigienisan dan kebersihan kantin sekolah,” ujar  Kepala Seksi POM Dinkes Kota Depok, Yulia Okavia.

Yulia berpendapat jika mereka sudah aktif melakukan pengawasan,  maka tidak akan ada lagi bahan makanan berbahaya yang masuk ke dalam kantin sekolah. Mereka sudah mempunyai pengetahuan tentang bahan baku yang bagus dan layak untuk dikonsumsi,  mereka juga akan mengkritisi pedagang yang ada di kantin mengenai proses masak makanan, seperti minyak goreng hanya boleh dipakai dua kali dan higienisnya cara memasak para pedagang.

”Dari presentasi tadi kami lihat kejujuran mereka, masih ada kantin yang kurang baik. Pengawasan dari pengawas cilik ini tidak boleh berhenti hanya sampai disini, mereka kedepan akan dicek oleh pihak kami,” terang Yulia.

Lebih lanjut, Yulia berharap dengan keberadaan mereka, semua pangan yang masuk ke sekolah dapat disaring hingga hanya makanan yang layak dan sehat saja yang nantinya akan dikonsumsi oleh siswa. Serta mindset siswa mengenai makanan dapat berubah, bahwa makanan yang aman bukan yang menarik dan enak rasanya saja, namun juga harus memenuhi persyaratan kesehatan. @fan/rysko/Diskominfo

 563 total views

LEAVE A REPLY