Kesbangpol Gelar Sosialiasi Pemilu di Sekolah Cakra Buana Depok

0
1367

depoktren.com-Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok semakin gencar melaksanakan sosialisasi terkait Pemilihan Umum Tahun 2014. Kali ini sosialisasi dipusatkan pada pemilih pemula yang pada saatnya nanti baru pertama kali menggunakan haknya pada pemilu. Sosialisasi pertama dilakukan di SMK dan SMA Cakra Buana Depok, Senin (16/12).

”Kami tidak ingin adanya kesalahan dalam pemilihan yang dilakukan anak-anak SMK dan SMA ini. Mereka masih memiliki jangkauan yang panjang, sehingga ada kesempatan untuk mewujudkan pemilu yang baik,” kata Kepala Kesbangpol, Syafrizal.

Ia juga mengatakan bahwa pemilih pemula bisa menjadi pemilih yang cerdas. Mereka tidak hanya dapat menggunakan hak pilihnya. Namun mampu memiliki idealisme yang mampu memilih calon-calon pemimpin yang dapat menjadi panutan, amanah, dan inspiratif.

Dalam sosialisasi ini Kesbangpol mengundang narasumber dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan mahasiswa Universitas Indonesia yang turut membantu dalam melakukan pendekatan kepada para pemilih pemula. Pihaknya akan terus melakukan kerjasama dalam melakukan sosialisasi tersebut ke seluruh sekolah yang ada di Kota Depok.

Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma’il yang berbaur bersama siswa SMK dan SMA mengatakan bahwa kegiatan ini harus terus dilakukan untuk menambah wawasan ilmu politik kepada anak didik. ”Kegiatan hari ini sangat baik karena melibatkan para pemilih pemula dari berbagai sekolah di Kota Depok. Saya berharap sosialisasi ini akan terus berjalan dengan bantuan penjelasan yang diberikan dari narasumber agar mereka tidak apatis terhadap kinerja para pelaku politik di tahun 2014 mendatang,” jelasnya.

Walikota juga berpesan kepada seluruh peserta yang hadir bahwa apapun yang mereka cita-citakan dalam kehidupan kedepannya memerlukan kehadiran dari sosok lembaga legislatif, eksekutif maupun yudikatif yang berkinerja baik.

”Saya selalu menghimbau kepada para pelajar agar mereka berkomitmen untuk tidak menjadi golput dan tidak apatis terhadap sikap politik. Karena ini merupakan sikap awal dalam memberikan suara sekaligus awal dari sikap kepedulian dan tanggung jawabnya terhadap peran pembangunan di Indonesia,” tuturnya. @fan/indri/Diskominfo

 1,636 total views

LEAVE A REPLY