Pemkot Depok Klaim Telah Menanam 30 Ribu Pohon

0
355

depoktren.com-Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail mengklaim bahwa pemerintah Kota Depok telah menanam sedikitnya 30 ribu pohon sepanjang tahun 2013 ini. “Kami memang belum dapat mengidentifikasi berapa pohon yang telah kami tanam, namun yang jelas jumlahnya sudah lebih dari 30 ribu pohon,” ujar Walikota.

Dijelaskan Walikota, di beberapa minggu terakhir menjelang 2014 nanti, pihaknya tengah melakukan kemitraan dengan beberapa pihak seperti Kawan Lama yang sumbangkan 125 ribu pohon, Kementerian Kehutanan 50 ribu dan Pertamina Fondation yang saat ini tengah merancang untuk menanam 1 juta pohon lebih.

“Sasarannya di seluruh area Depok baik itu tanah milik maupun fasilitas umum, dan yang dengan Pertamina Fondation itu bentuknya kerjasama bagi hasil dari tanaman yang menghasilkan,” paparnya.

Lanjutnya, Pemkot Depok juga sudah melakukan gerakan menanam dengan anak-anak sekolah, guru, PNS dan kelompok masyarakat. Sasarannya juga bebas antara lain Daerah Aliran Sungai (DAS), taman, kompleks perumahan dan di rumah warga.

Adapun jenis pohon yang telah ditanam Pemkot yakni jenis buah-buahan, penghijauan dan kayu. Saat ini dikatakannya pohon tersebut sudah tersedia di BLH dan balai bibit di Jatijajar.

“Target sampai akhir tahun yakni sebanyak mungkin, karena jumlah guru, siswa dan PNS cukup banyak. Satu guru kami targetkan tiga pohon, PNS lima pohon dan satu murid satu pohon. Jika semua dilakukan kami rasa bisa lebih dari 300 ribu pohon,” tegasnya.

Kasdam Jaya Brigjen TNI Agung Risdhianto mengungkapkan, jika sudah lebih 300 ribu pohon ditanam di wilayah Kodam Jaya seperti Tangerang, Bekasi, Depok dan lainnya.

“Di Depok ada program penghijauan tentu kami akan Bantu bibit lebih banyak. Kami juga bekerjasama dengan Kementerian Kehutanan. TNI juga wajib untuk medukung program pemerintah terkait pemeliharaan lingkungan,” tandas Agung. @akan

 633 total views

LEAVE A REPLY