Mimpi Kali, Depok Bakal jadi Green City

0
213

depoktren.com-Konsep green city yang merupakan kota ramah lingkungan serta mengefektifkan dan mengefisiensikan sumber daya air dan energi, mengurangi limbah, menerapkan sistem transportasi terpadu serta mensinergikan lingkungan alami dan buatan menjadi salah satu tujuan yang coba dicapai oleh Kota Depok.

Nah, Green city ini sejalan dengan program andalan Kota Depok, yaitu Depok Kota Bersih dan Hijau. Tapi apakah mungkin?. Mimpi kali ah, Depok bakal jadi Green City. Pasalnya, Jalan Margonda yang menjadi estalase Kota Depok, situasinya semerawut, kotor dan gersang. Belum lagi ditempat-tempat lain, gersang dan taman-tamannya tidak tertata dengan baik.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Depok Kania Parwanti menjelaskan, pada 2012 lalu Depok berkomitmen untuk melaksanakan Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum. Pada 2013 Depok pun berusaha untuk memenuhi delapan atribut kota hijau, yaitu Green Building, Green Energy, Green Open Space, Green Community, Green Water, Green Planning and Design, Green Waste dan Green Transportation.

“Secara garis besar Depok sudah melaksanakan delapan atribut tersebut, saat ini hanya perlu lebih ditingkatkan saja. Program P2KH ini bersinergi dengan RPJMD Kota Depok yang mengakomodir beberapa atribut yang ada dalam konsep green city ini,” ujar Kania.

Dari Kementrian Lingkungan Hidup, Martha Amnan yang menjadi narasumber saat rapat koordinasi di Balaikota Depok mengatakan bahwa hal yang paling penting adalah merubah sikap masyarakat untuk lebih peduli lingkungan. Pemerintah Kota  mempunyai peran untuk membuat program serta mengawasi berjalannya program tersebut.

“Harus terus ditingkatkan kesadaran masyarakat, selain itu intropeksi dan kontrol dari pemerintah daerah juga harus kuat,” ujarnya.

Sejauh ini beliau menilai Kota Depok sudah mempunyai modal untuk menjadi green city, tinggal bagaimana keseriusan pemkot dan warganya saja.

” Green Community di Depok sudah ada, bank sampah juga lumayan, hanya tinggal meningkatkan dibeberapa aspek saja,” ujar Martha.  @fan/rysko/(Diskominfo

 438 total views

LEAVE A REPLY