Perda Kota Layak Anak Akhirnya Disahkan DPRD Depok

0
300

depoktren.com-Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Depok akhirnya mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) Kota Layak Anak (KLA) dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Depok masa sidang III tahun sidang 2013. Ketua Pansus Perda KLA DPRD Kota Depok Jeane N Tedja, merasa bersyukur dan gembira atas disahkannya Perda Kota Layak Anak. Ia berharap, perda tersebut dapat melindungi anak di Depok.

“Sebenarnya penyelenggaraan kota layak anak di Depok sudah berjalan sejak 2010, karena Depok ditunjuk oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Pemberdayaan Anak menjadi pilot poject bagi penerapan KLA,” ujar Jeane di Gedung DPRD Depok, Jumat (20/12).

Menurut Nane, KLA juga masuk dalam RPJMD 2011-2016 dan merupakan program andalan Kota Depok. Perda tersebut dikatakannya hanya menguatkan dan mengikat agar penyelenggaraan KLA lebih efektif.
“Kami berharap ini akan efektif, karena di dalam Perda itu juga mengatur sanksi, walupun sanksi pidana tidak dapat diatur di dalam perda, namun bisa mengacu kepada undang-undang di atasnya, seperti Undang-Undang Perlindungan Anak, Undang-Undang Ketenagakerjaan,” paparnya.

Sanksi denda lanjutnya, diberlakukan bagi badan usaha yang terbukti mempekerjakan anak. “Perda ini juga untuk membangun kesadaran orangtua agar lebih peduli terhadap anaknya,” ungkapnya.

Ketua DPRD Kota Depok Rintis Yanto mengatakan, Pemerintah Kota Depok harus mulai merancang konsep pembangunan untuk menunjang Perda Kota Layak Anak.

“Bangunan apapun itu namanya baik fisik maupun non fisik harus mengacu kepada konsep-konsep yang tertera dalam Perda KLA. Seperti bangunan pemerintah harus juga disiapkan akses bagi anak, begitu juga perumahan harus menyiapkan taman bermain dan lainnya,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Depok Idris Abdul Shomad bersyukur atas telah disahkannya Perda KLA. “Mudah-mudahan Perda ini dapat lebih melindungi anak dan apa yang menjadi haknya,” terangnya.

Rapat Paripurna yang dihadiri oleh Muspida dan OPD Kota Depok itu juga mebahas delapan Raperda yang telah mendapatkan persetujuan dari DPRD Kota Depok di antaranya Raperda tentang IMB, Raperda PSU, KLA, Air Bawah Tanah dan  kepariwisataan.

Di sepanjang tahun 2013 ini, DPRD Kota Depok telah menghasilkan 14 peraturan daerah dari 17 yang diprogramkan. @vit

 704 total views

LEAVE A REPLY