Pemkot Depok Razia Pasar Swalayan

0
321

depoktren.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Depok diantaranya Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian dan Perikanan, serta Satuan Polisi Pamong Praja melakukan razia di pasar swalayan di Kota Depok. Sasaran razia berupa bahan pokok, barang elektronik, produk rumah tangga, hingga mainan anak-anak.

”Dalam razia ini kami akan melayangkan surat teguran kepada pelaku usaha jika terbukti menjual produk tak layak edar,” kata Kepala Bidang Kemetrologian dan Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kota Depok Diarmansyah, di Pasar Swalayan Ramayana, Depok, Senin (30/12).

Menurut Diarmansyah, razia tersebut dilakukan sebagai penegakan Undang-Undang Perlindungan Konsumen serta  Permendag nomor 20 tahun 2009 tata cara pengendalian barang beredar. ”Kami melakukan razia barang non pangan seperti elektronik atai produk rumah tangga sudah berstandar SNI atau belum dan juga razia produk daging atau ikan,” ujarnya.

Rata-rata, kata Diarmansyah, produk yang razia berupa barang yang tidak layak seperti kemasan rusak, penyok, atau tidak berstandar SNI, hingga masih berbahasa asing.

Store Manager, PT Ramayana Lestari Sentosa TBk Cabang Depok, Tri Atmanto mengatakan Quality Control produk selalu rutin dilakukan. Jika tidak layak, lanjutnya, pasti sudah disortir dan ditolak untuk dijual. ”Seperti biasa, barang kita beli ada kontrol, baru kita order. Ada proses sortir seperti barang kadaluarsa, SNI atau bukan, dan kebetulan produk yang kami jual 90 persen lokal,” jelas Tri.

Dari hasil razia, belasan mainan Cina justru disita dari toko tersebut karena berbagai hal. Diantaranya belum berstandar SNI, serta tak ada petunjuk keterangan kategori bahan plastik yaang digunakan. Sebab dikhawatirkan jika dimainkan oleh anak – anak akan berbahaya atau mengandung racun. @akan

 528 total views

LEAVE A REPLY