300 Warga Depok Masih Belum Lakukan Perekaman e-KTP

0
243

depoktren.com-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok menyatakan secara target perekaman e-KTP di Kota Depok sudah mencapai 100 persen. Namun, tercatat masih sekitar 300 warga yang belum melakukan perekaman e-KTP.

”Dari jumlah itu kemungkinan ada juga warga yang memiliki KTP ganda, sehingga mereka enggan melakukan perekaman e-KTP,” ujar Kepala Disdukcapil Kota Depok, Mulyamto di Depok, Kamis (2/1).

Menurut Mulyamto, dengan pemberlakukan e-KTP mau tidak mau bagi warga yang memiliki KTP ganda harus memilih salah satunya. ”Kalau sudah terekam di satu daerah, maka tidak bisa dilakukan didaerah lain. Jadi tidak bisa dilakukan dua kali perekaman,” terangnya.

Mulyamto menjelaskan, KTP dengan sistem administrasi kependudukan (Siak) mulai Januari 2014 dinyatakan sudah tidak berlaku lagi. Bahkan KTP seumur hidup juga harus melakukan perekaman ulang untuk mendapatkan e-KTP seumur hidup. ”Nantinya semua warga Depok harus memiliki e-KTP, termasuk KTP seumur hidup,” jelasnya.

Phaknya, lanjut Mulyamto, saat ini gencar mensosialisasikan warga di perbatasan untuk mengantisipasi adanya KTP ganda. 300 warga tersebut diantaranya yakni termasuk warga yang memiliki KTP ganda di perbatasan. ”Banyak warga Cinere di Kelurahan Pangkalan Jati punya KTP DKI. Sudah direkam disana (Jakarta), dan tak bisa direkam di Depok,” pungkas Mulyamto. @zra

 497 total views

LEAVE A REPLY