Partai NasDem Menempati Posisi Tertinggi Dalam Pemberitaan Postif

0
290

depoktren.com-Direktur Eksekutif Pol-Tracking, Hanta Yuda menilai, pemberitaan media massa sangat berpengaruh terhadap turunnya elektabilitas partai politik (Parpol) meski seringkali naik turun.

”Parpol dengan tone berita paling positif tidak terlepas dari perannya sebagai oposisi atau acapkali diametral dalam merespon kebijakan pemerintah,” ujar Hanta pada hasil rilis yang dilakukan Lembaga Survei Pol-Tracking dengan Survei Nasional Media Habit dan Riset Media Monitoring Potret Geliat Pemberitaan Partai Politik 2013-Menangkap Tren Tone Berita dan Elektabilitas yang diselenggarakan, di Hotel Morissey, Jakarta, Selasa (14/01).

Lebih jauh Hanta Yuda menerangan, tren pemberitaan negatif ini paling utama dipicu oleh kasus-kasus korupsi yang melibatkan tokoh-tokoh partai terkait. ”Pemberitaan negatif di media tersebut, akhirnya sangat berpengaruh terhadap naik turunnya elektabilitas partai politik,” terang Hanta.

Dan hasil survei yang dilakukan oleh Pol-Tracking, Partai NasDem menempati posisi tertinggi partai dengan tone berita paling positif, yakni di atas 25 persen dari total berita semua partai politik (34,54 persen), menyusul di bawahnya adalah Hanura (31,9 persen), PDIP (26,26 persen), dan Gerindra (26,19 persen). Sementara Parpol dengan tone pemberitaan paling negatif ditempati oleh Partai Keadilan Sejahtera (23,87 persen) dan Partai Demokrat (20,53 persen), dan kemudian disusul oleh partai berlambang pohon beringin, Golkar (19,1 persen). @aris

 528 total views

LEAVE A REPLY