Permainan Ijin Tata Ruang Sumber Banjir Depok

0
173

depoktren.com-Salah satu yang menjadi penyebab banjir di Depok adalah sebanyak 92% wilayah Depok telah berubah menjadi bangunan fisik. Untuk itu sebaiknya ada ketegasan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menjalankan beberapa kebijakan yang berkaitan dengan tata ruang dan yang paling utama kini adalah menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH).

”Banjir di Depok terjadi akibat pelanggaran tata ruang yang tak terkontrol, ini akar masalah banjir,” kata pakar tata kota, Edward Sihombing.

Alumnus ITB ini melihat banjir yang dirasakan warga Depok kini salah satunya akibat permainan izin. “Dalam 30 tahun terakhir rencana tata kota Depok sudah beberapa kali di revisi. Saya melihat ada celah di perda tata ruang Depok yang memungkinkan melakukan penyalahgunaan wewenang,” terang anggota Persatuan Insinyur Indonesia ini.

Lebih lanjut Edward meminta Pemkot Depok membuat terobosan untuk lebih memperketat perijinan bangunan. “Dugaan saya selama ini terjadi pelanggaran hukum dalam pemberian ijin bangunan,” ucap pria yang juga aktif dalam ormas Indonesia Bisa.

”Lahan terbuka yang seharusnya menjadi kawasan hijau dan kawasan resapan harus dipulihkan lagi. Perubahan fungsi lahan harus sejalan dengan kebutuhan kota,” jelas Edward. @dewi

 488 total views

LEAVE A REPLY