Depok Kota Gagal Soal Ruang Terbuka Hijau

0
302

depoktren.com-Pakar sosial dan demografi, Lalu Sudarmadi mengatakan untuk dapat meredakan sensitivitas dan temperatur masyarakat  yang tinggi, lingkungan harus dikondisikan, agak tekanan psikologis  dapat teratasi, salah satunya adalah dengan membuka ruang terbuka hijau di lingkungan, sehingga ada tempat untuk masyarakat berelaksasi dan mengurangi stress.

”Suatu kota sangat perlu adanya ruang terbuka hijau, selain untuk membuat lingkungan yang indah dan asri juga dapat menurunkan tingkat stress masyarakat perkotaan,” ujar Lalu, kepada depoktren.com, Jumat (17/1). Saat ini, lanjutnya, tidak ada konsep yang bagus dari perencanaan untuk memberikan ruang terbuka hijau di perkotaan.

”Pemberian ijin bangunan yang serampangan tanpa memperdulikan ruang terbuka hijau membuat sebuah kota menjadi semerawut, tidak beraturan dan kumuh. ”Sangat diperlukan ketegasan dari sebuah karakter kepemimpinan dari seorang pemimpin daerah untuk menegakkan aturan khususnya aturan perijinan bangunan agar sebuah kota menjadi lebih manusiawi. Jangan hanya memikirkan kepetingan pribadi saat berkuasa tapi sebaiknya memeikirkan untuk masa depan anak cucu kita untuk dapat menikmati kota yang ramah lingkungan,” tuturnya.

Kota Depok, terangnya merupakan kota yang gagal dalam membiat sebuah konsep kota yang ramah lingkungan dan manusiawi. ”Dari tahun ke tahun Depok bukan semakin baik malah semakin semerawut dan tak beraturan. Hal itu tidak lepas dari tidak adanya keberpihakan sang walikotanya terhadap masa depan masyarakatnya,” pungkas Lalu. @akan

 692 total views

LEAVE A REPLY