Antisipasi Banjir Jakarta, 2 Waduk Akan Dibangun di Depok dan Bogor

0
261
Perbaikan Kali Laya yang jebol di Depok
Perbaikan Kali Laya yang jebol di Depok
Perbaikan Kali Laya yang jebol di Depok

depoktren.com-Untuk mengantisipasi banjir di Jakarta pada masa-masa mendatang, 2 Waduk baru akan dibangun untuk mengurangi debit air di Kali Ciliwung. “Kita komitmen bagaimana menuntaskan banjir. Jadi akan dibangun tambahan infrastruktur di rawan banjir, salah satunya buat 2 waduk baru di hulu Ciliwung yaitu Waduk Ciawi (Bogor) dan Sukamahi (Depok),” kata Dirjen Sumber Daya Mineral Kementerian PU Mohamad Hasan setelah rapat koordinasi penanggulanan banjir di Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat, Senin (20/1).

Menurut Hasan, proyek pembangunan fisik akan dilaksanakan pada awal tahun 2015 di bawah wewenang Kementerian Pekerjaan Umum. Saat ini, Kementerian PU sedang dalam tahap penyempurnaan rancangan struktur waduk. Waduk Ciawi dibangun seluas 199 hektare dan Waduk Ciawi 42 hektare.

“Saat ini dalam tahap detail desain. Kalau anggaran konstruksi ditanggung Kementerian PU melalui APBN. Pebebasan lahan, kata Gubernur DKI sejauh disetujui DPRD, itu akan ditanggung Pemprov DKI Jakarta,” ungkap Hasan.

Rapat koordinasi membahas masalah banjir itu dihadiri Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Walikota Bogor Yani Budiarto dan wakilnya, Bupati Bogor Rahmat Yasin, Wakil Walikota Depok Idris Abdul Shomad, Wakil Bupati Bekasi, Wakil Walikota Bekasi.

Hadir pula Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) T Iskandar, Sekjen Kementerian PU Agus Wijanarko, Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya, dan Asisten II Provinsi Banten. @fan

 601 total views

LEAVE A REPLY