Kali Jantung Depok Meluap, Ratusan Rumah Kebanjiran

0
286

depoktren.com-ratusan rumah kebanjiran akibatnya melubernya Kali Jantung, Cimanggis, Depok, Minggu (19/1). Ratusan rumah yang kebanjiran setinggi 20 cm yakni Perumahan Taman Duta, Perumahan Cimanggis Country, Perumahan Bukit Cengkeh I dan Perumahan Bukit Cengkeh II. Selain di perumahan, banjir juga melanda jalan-jalan perumahan dengan ketinggian air mencampai
70 cm.

Kali Jantung mengalir dari Taman Duta ke Bukit Cengkeh II. Ketika Taman Duta Banjir, dipastikan Bukit Cengkeh II juga banjir. Air yang mengalir di Kali Jantung dan Kali Laya adalah limpahan dari Setu Pengarengan. Jika air dari sungai Ciliwung besar maka Setu Pengarengan tidak akan mampu menahan air.

Pantauan depoktren.com, Kali Laya yang jebol pada Ahad pekan lalu sudah dibuatkan beronjong. Namun, karena debit air yang tinggi pada malam hari tadi, air kembali meluap melewati beronjong. Bukan saja itu, air juga meluber dari tanggul di sekitar yang jebol. Sehingga air yang meluap ke perumahan Cimanggis Country melebar sekitar 20 meter. Tanggul itu juga sudah retak sehingga TNI memasang beronjong darurat di atasnya.

Anggota TNI Kodim 0508 Depok, Sersan Dua Kusnanto yang menjaga posko Kali Laya mengatakan debit air meninggi karena hujan deras sejak semalaman. Akibatnya beronjong tidak mampu menahan air, dan debit air yang lebih tinggi juga meluber ke sisi lain tanggul. “Sekarang kami kasih batu lagi dan membuat beronjong,” katanya.

Kusnanto menjelaskan, sebanyak 150 personil sedang fokus memperhankan dulu beronjong di tempat yang jebol. Beronjongnya akan dilapis dua agar tidak terdorong kekuatan air. “Beronjong akan dilapis dua,” katanya. Selain itu perseonil TNI juga memasang karung tanah ditempat jebolan itu.

Hingga saat ini, Perumahan Bukit Cengkeh II, Taman Duta, dan Cimanggis Country masih digenangi air setinggi lutut. @akan

 493 total views

LEAVE A REPLY