Kepala Dinas Tarkim : Kami Segera Benahi Terkait IMB Kantor Pemerintahan

0
568
Plt-Kadis-Tarkim-Kota-Depok-Wijayanto
Plt-Kadis-Tarkim-Kota-Depok-Wijayanto
Plt-Kadis-Tarkim-Kota-Depok-Wijayanto

depoktren.com-Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Tarkim) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Wijayanto mengatakan akan segeran membenahi terkait masalah masih banyaknya bangunan dan kantor-kantor Pemkot Depok yang tidak memiliki Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

”Segera kami akan urus, dan beberapa kantor sudah diurus ijinnya. Bahkan sebagian bangunan sudah ada IMB nya. Kami bukan mengabaikan persoalan ini, tapi ini hanya sekedar waktu saja,” ujar Wijay saat dihubungi depoktern.com, Jumat (24/1).

Targetnya, lanjut Wijay, pada tahun 2014 ini semua kantor Pemkot dan kantor pemerintah lainnya serta sekolah-sekolah negeri sudah memiliki IMB. ”Pastinya kami akan urus dan ini tidak melanggar aturan,” tandasnya.

Seperti diberitakan depoktren.com, Pemkot) Depok tidak memberikan contoh yang baik kepada warganya. Salah satu contoh tidak baik itu yakni banyaknya kantor-kantor pemerintah tidak memiliki Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). ”Bagaimana warga mau taat aturan, Pemkot Depok sendiri melanggar aturan,” kata Ketua LSM Kapok, Kasno, di Depok, Kamis (23/1).

Menurut Kasno, 50 Anggota DPRD Kota Depok periode 2009-2014 telah melakukan pelanggaran dan mengabaikan UU No 32 Th 2004 Tentang Pemerintahan Daerah, UU No 17, 2003 Tentang Keuangan Negara, UU No 1 Th 2004, Tentang Perbendaharaan Negara, dan Surat Endaran Mentri PU dengan mengesahkan anggaran untuk Gedung dan bangunan Pemkot Depok yang tanpa IMB. ”Kesimpulannya bangunan-bangunan itu ilegal dan harus ditertibka,” tegasnya.

Kasno mengutarakan, kesalahan yang utama ada di para anggota DPRD Kota Depok, kesalahan juga ada pada penyelenggara negara dalam hal ini Pemkot Depok. ”Ngga mungkin mereka ngga tahu aturan, yang jelas hal ini sangat tidak mendidik masyarakat, keterlaluan!, terang Kasno.

Berdasarkan data yang diperoleh depoktren.com, kantor-kantor dan bangunan lain milik Pemkot Depok tidak memiliki IMB yakni diantaranya, Gedung Balaikota I dan II, Gedung DPRD I dan II, Gedung Bimasda, hampir semua Tempat Unit Pengolahan Sampah (UPS), Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA), beberapa kantor Kecamatan dan kantor Kelurahan, RSUD Kota Depok, hampir semua puskesmas, hampir semua sekolah SD, SMP dan SMA, kantor Imigrasi, kantor BPN, kantor Pengadilan Agama, kantor Pengadilan Negeri, kantor Kejaksaan, dan kantor BPS. @aris

 1,028 total views

LEAVE A REPLY