Istilah PNS Berubah Menjadi ASN

0
299
Dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah disahkan oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 15 Januari 2014 maka PNS berubah nama menjadi ASN.
Dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014  tentang  Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah disahkan oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 15 Januari 2014 maka PNS berubah nama menjadi ASN.
Dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah disahkan oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 15 Januari 2014 maka PNS berubah nama menjadi ASN.

depoktren.com-Dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014  tentang  Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah disahkan oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 15 Januari 2014  maka PNS berubah nama menjadi ASN.

Dengan adanya perubahan tersebut maka diperlukan sosialisasi kepada para PNS beserta jajarannya. Demikian dikatakan, Sekretaris Daerah Kota Depok, Ety Suryahati dalam rapat kordinasi yang rutin dilakukan seminggu sekali di Balaikota  Depok Lantai 5, Rabu ( 29/1). ”Dalam setiap rapat rutin juga mengagendakan sosialisasi undang-undang tersebut,” kata Ety.

Dalam UU Aparatur Sipil Negara (ASN), lanjutnya, terjadi beberapa perubahan mendasar yang akan berdampak secara meluas di berbagai wilayah di Indonesia. Dampak tersebut antara lain jika selama ini wali kota atau bupati menjadi pembina seluruh Pegawai Negeri yang ada didaerahnya masing-masing, maka dengan undang-undang ASN ini kewenangan tersebut menjadi kewenangan Sekretaris Daerah.

”Kedepan istilahnya bukan lagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tapi sudah berubah menjadi Aparatus Sipil Negara (ASN) dan kewenangannya ada di Sekretaris Daerah,” tegas Ety.

Sosialisasi yang dihadiri para Lurah, Camat dan Staf Pemkot Depok itu berisikan tentang keberadaan PNS yang akan menjadi ASN dan pegawai tidak tetap atau pegawai kontrak akan diangkat menjadi ASN dan dengan berubahnya nama PNS menjadi ASN maka harapannya bisa membawa dampak perubahan bagi birokrasi di Indonesia.

”Selain itu batas usia PNS/ASN akan mengalami perpanjangan jika sebelumnya usia Pensiun bagi PNS adalah 56 tahun maka sekarang usia pensiun menjadi 58 tahun sedangkan bagi PNS/ASN yg menjabat atau menduduki jabatan eselon I dan II maka usia pensiunnya menjadi 60 tahun,” tutur Ety. @dew

 691 total views

LEAVE A REPLY