Pusat Belanja Tutup, Takut Disweeping Buruh

0
236
Demo buruh tolak upah murah
Demo buruh tolak upah murah
Demo buruh tolak upah murah

depoktren.com-Beberapa pusat perbelanjaan di Depok tutup karena takut disweeping buruh, saat ribuan buruh menggelar aksi turun ke jalan, Kamis (30/1). “Iya, kami tutup untuk sementara saja, usai demo buruh kami akan buka,” kata Hendra salah satu petugas Satpam ITC Depok.

Aksi buruh turun ke jalan ini mempertanyakan pelaksanaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) serta kesepakatan Upah Minimum Kota (UMK) yang ditetapkan sesuai SK Gubernur Jawa Barat.

Aksi yang diikuti dari berbagai serikat pekerja ini sempat membuat arus lalu lintas di Jalan Margonda dan Jalan Raya Bogor macet.

Dalam aksinya tersebut, buruh menyampaikan beberapa poin penting. Di antaranya, mempertanyakan apakah semua perusahaan di Kota Depok yang tidak melakukan penangguhan UMK telah melaksanakan UMK sesuai SK Gubernur Jabar. Dan bagaimana pelaksanaan BPJS kesehatan bagi buruh serta masyarakat Depok.

“Kami juga mempertanyakan apakah semua perusahaan di kota ini memberikan kebebasan kepada pekerja untuk berserikat. Kami juga mempertanyakan kenapa banyak rumah sakit yang menolak BPJS kesehatan,” ujar Lukman, seorang demonstran buruh. @akan

 464 total views

LEAVE A REPLY