Wiranto Dukung Mobil Si Pitung Ikuti Shell Eco-Marathon (SEM) 2014 di Manila

0
251
Capres Partai Hanura, Wiranto

depoktren.com-calon presiden (Capres) dari Partai Hanura, Wiranto melepas keberangkatan tim mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) untuk bisa mengikuti lomba Shell Eco-Marathon (SEM) 2014 di Manila, Filipina, pada 6-9 Februari 2014 mendatang. Untuk tahun ini hanya tiga perguruan tinggi dari Indonesia yaitu mengikuti kompetisi yang diikuti peserta dari seluruh dunia yakni UNJ, UI, dan ITS yang diundang menghadiri kompetisi yang diikuti peserta dari seluruh dunia ini.

Sebagai alumnus UNJ, Wiranto merasa memiliki tanggung jawab untuk turut serta mewujudkan mimpi anak bangsa meraih cita-citanya sekaligus mengharumkan nama bangsa. ”Saya memberikan motivasi kepada mahasiswa agar terus berkarya dan berharap meraih juara,” ujar Wiranto saat menemui tim mahasiswa Fakultas Teknik UNJ di gedung Pasca Sarjana UNJ, Jakarta, Kamis (30/1).

Tim terdiri atas 13 mahasiswa dan seorang dosen pembimbing telah membuat mobil prototype yang mereka beri nama Si Pitung. Dalam lomba nanti mobil Si Pitung akan turun pada kategori mobil prototipe kelas bensin. Mobil mereka dirancang berdasarkan konsep aerodinamika, bahan material ringan dan kuat, serta menggunakan teknologi yang dapat menghasilkan efisiensi mesin yang tinggi dan ramah lingkungan. Mobil Si Pitung dibangun dengan spesifikasi mobil ringan dan irit. Chasisnya dari bahan alumunium, bodi dari fiber composite, mesinnya 100 Cc (4 stroke), dan berbahan bakar bensin.

Para mahasiswa merancang dan membangun mobil ini dengan tujuan untuk memberikan alternatif bahan bakar dalam suatu teknologi baru kepada dunia industry otomotif. Dan juga ingin memperkenalkan mobil hemat bahan bakar dan ramah lingkungan kepada masyarakat luas. ”Saya berharap mahasiswa UNJ dapat menciptakan dan terus berkarya untu kedaulatan dan keberpihakan akan hemat energi,” harap Wiranto. @ton

Capres Partai Hanura, Wiranto
Capres Partai Hanura, Wiranto

 1,099 total views

LEAVE A REPLY