Pemkot Depok Terkesan Tidak Serius Terima Asset PDAM Bogor

0
417
Proses penyaluran air di PDAM
Proses penyaluran air di PDAM
Proses penyaluran air di PDAM

depoktren.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dinilai terkesan tidak serius mengurus pemisahan asset Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bogor yang dikelola Tirta Kahuripan ke Depok yang akan dikelola Tirta Asasta.

”Bahkan kami siap melepas sedikinya 42 ribu pelanggan dan seluruh assetnya ke PDAM Tirta Asast milik Pemkot Depok,” kata Wakil Bupati Bogor, Nurhayanti, Jumat (31/1).

Namun, lanjut Nurhayati, Pemkot Depok hingga kini belum lagi melanjutkan pembicaraan pemindahan pelanggan dan pemisahan asset tersebut. ”Saat saya menjadi dewan pengawas PDAM Tirta Kahuripan, memang  ada pembicaraan dengan PDAM Tirta Asasta tentang pemisahan asset ini. Namun sampai saat ini, belum ada kelanjutan dari pembicaraan awal tersebut,” tuturnya.

Mantan Sekda Kabupaten Bogor ini mengungkapkan ada beberapa item yang perlu dibicarakan khusus dan butuh pertimbangan matang, tapi pertemuan kembali untuk membahas lebih khusus  belum terjadi lagi. ”Beberapa item memang perlu dikaji lagi bersama,” ungkap Nurhayati.

Dirut PDAM Tirta Kahuripan, Hadi Mulya Asmat mengatakan, suatu saat seluruh pelanggan dan asset PDAM Tirta Kahuripan akan diserahkan ke PDAM Tirta Asasta. Namun, sampai saat ini masih dilakukan periapan penyerahan. ”Memang pembicaraan setingkat kepala daerah belum dilakukan. Harus ada kesepakatan Bupati Bogor dan Walikota Depok,” jelas Hadi.

Menurut Hadi, jika suata saat asset dan pelanggan itu diserahkan, PDAM Tirta Kahuripan akan kehilangan sekitar 50 persen pelanggannya. diasumsikan 42 ribu pelanggan itu membayar rekening air rata-rata, Rp 100.000 sebulan, maka PDAM Tirta Kahuripan akan kehilangan pendapatan sebesar Rp4,2 miliar sebulan. ”Belum lagi nilai sarana dan infrastruktur saluran pipa air dan sebagainya yang nilainya mencapai miliaran rupiah,” terangnya.

Namun demikian, hal tersebut tidak menjadi masalah bagi PDAM Tirta Kahuripan. ”Pasalnya, PDAM Tirta Kahuripan akan lebih fokus pada rencana 80 ribu penyambungan baru. Kita berharap, target tersebut bisa dicapai pada akhir 2104,” harap Hadi. @ton

 971 total views

LEAVE A REPLY