Puskesmas Bojongsari Siap Melayani Rawat Inap

0
2541
illustrasi ruang rawat inap puskesmas
illustrasi ruang rawat inap puskesmas
illustrasi ruang rawat inap puskesmas

depoktren.com-Puskesmas Bojongsari pada Juli 2014 mendatang akan membuka layanan rawat inap bagi ibu melahirkan. ”Saat ini pengerjaannya tinggal finishing saja seperti pemasangan keramik, cat dan instalasi listrik. Insya Allah Juli mendatang dapat dipergunakan,” ujar dr Nur Afiah, Kepala UPT Puskesmas Bojongsari, Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Depok, Sabtu (1/2).

Nur mengukapkan, Puskesmas Bojongsari yang dibangun di atas lahan kurang lebih 200 meter itu nantinya akan dilengkapi dengan 3 tempat tidur perawatan persalinan, 2 tempat tidur di ruang tindakan serta 2 tempat tidur di ruang observasi.

”Ini memang baru untuk melayani pasien ibu melahirkan saja, belum dapat digunakan untuk rawat umum. Mudah-mudahan ke depannya bisa digunakan juga untuk rawat umum,” terang Nur.

Menurut Nur, Puskesmas Bojongsari nantinya akan ditunjang oleh tenaga medis seperti 4 orang dokter, 8 orang bidan. Puskesmas ini dibangun dari Bantuan Gubernur Jawa Barat dengan anggaran kurang lebih Rp 500 juta. ”Karena masih belum semuanya selesai, maka kami usulkan kembali anggaran untuk pembungunan lanjutan ke ke Pemkot Depok,” tuturnya.

Meski belum dioperasikan, namun diperkirakan Puskesmas Bojongsari tersebut nantinya dapat menampung maksimal 9 pasien rawat inap dalam satu minggu. Karena waktu yang dibutuhkan pascapersalinan selama dua hari. ”Jika pasien Jamkesda dan Jamkesmas pastinya gratis. Namun jika pasien kurang mampu dan umum disarankan untuk ikut BPJS,” jelas Nur.

Bidan Puskesmas Bojongsari, Cicih mengungkapkan, bahwa saat ini jumlah ibu hamil di 4 kelurahan yakni Pondok Petir, Serua, Curug dan Kelurahan Bojongsari Baru mencapai 1.770 orang. ”Jika ada ibu hamil yang masuk dalam kriteria kurang energi kalori nantinya mendapat PMT yang diberikan oleh petugas gizi, namun itupun setelah pemeriksaan,” ungkap Cicih.

Dikatakan Cicih, setiap harinya, puskesmas yang berdiri sejak 2010 lalu, sedikitnya menerima 100-200 pasien dengan berbagai macam penyakit yang diderita masyarakat. @dew

 4,723 total views

LEAVE A REPLY