Banjir Kanal Riwayatmu Kini

0
245

Jakarta, Kalau tempo dulu kita sering mendengarkan lantunan lagu bengawan solo yang sungguh  menadjupkan bayangan kita, menceritakan kisah sungai bengawan solo yang membentang dari kota solo hingga wilayah Jawa Timur yang akhirnya bermuara kelaut.

Copy of IMG0037ABanjir Kanal Timur pembangunannya dicanangkan oleh Presiden republik Indonesia di era Megawati pada tanggal 10 juni 2003 di Kel.Marunda Jakarta Utara. Banjir Kanal Timur ini memiliki panjang kurang lebih 23,5 km, ini membentang dari wilayah Timur Jakarta sampai Utara Jakarta yang merupakan bermuaranya air laut.

Saluran banjir Kanal Timur emoting 5 sungai/kali Cipinang, Sunter, Buaran, jatikramat, Cakung. Pelaksanaan akan dilakukan dari hulu yaitu pertemuan dengan sungai cipinang dan dari hilir atau muara. Pelaksanaan dari hulu bertujuan agar secara berangsur-angsur Saluran Kanal Timur dapat segera berfungsi menyalurkan sebagian debit banjir sungai Cipinang dan Sunter ke sungai Buaran dan selanjutnya Cakung Drain – Muara. Sedangkan pelaksanaan pekerjaan bagian hilir dapat melayani system drainase dari daerah Pulo Gadung, Ujung menteng dan rorotan.

Apapun yang telah direncanakan dan direalisasikan proses pembangunannya, kita bangga dengan harapan kita bisa melihat wudut nyata menangai masalah bajir yang tak kunjung ada solusinya. Namun nilai investasi yang besar ini akan jadi mubajir dengan ada banjir kanal, tanpa adanya  rasa kesadaran dan tanggung jawab masyarakat dan pemerintah dalam bentuk menjaga kebesihan dan pemeliharaan bajir kanal dari timbunan lumpur dan sampah yang makin menumpuk. Belum lagi alang-alang yang tumbuh ditepian bantaran banjir kanal makin tumbuh subur, kalau kita telusuri sepanjang dari kebun nanas sampai dengan pulogebang. Meperhatikan nasib riwayatmu kini banjir kanal bagaimana sekarang dan beberapa tahun yang akan datang nasibnya tanpa ada kesadaran dari semua pihak, banjir kanal akan menjadi kali ataupun sungai-sungai kecil yang akan  mengalami pendangkalan yang airnya keruh kehitam-hitaman dan berbau tidak sedap. Mungkin yang terjadi Jakarta akan dihinggapi oleh bajir dimana-mana lagi

Untuk itu Banjir Kanal Timur riwayatmu kini, perlu menjadi perenungan kita bersama bagaimana nasibnya setelah beberapan tahun kemudian. Begitu pula untuk pemimpin DK1 1 yang sudah terpilih saat ini  akan  punya PR yang cukup berat juga terhadap bijir Kanal (Sar_ton)

 502 total views

LEAVE A REPLY