GEF Ingin Cagar Alam Depok Sebagai Kawasan Konservasi Untuk Pendidikan & Penelitian

0
301
Kondisi Cagar Alam Depok tak terawat dan kurang perhatian dari Pemkot Depok
Kondisi Cagar Alam Depok tak terawat dan kurang perhatian dari Pemkot Depok
Kondisi Cagar Alam Depok tak terawat dan kurang perhatian dari Pemkot Depok

depoktren.com-Direktur Eksekutif Green Edelweiss Foundation (GEF), Ayi Subing mengatakan bahwa tujuan dari mengundang Miss Universe 2013 Gabriela Isler dan Puteri Indonesia 2014, Elvira Devinamira sebagai langkah awal dari program yang telah dibuat yakni sosialisasi dan memperkenalkan kembali Cagar Alam Depok sebagai cagar alam tertua di Indonesia.

”Meski kini status Cagar Alam Depok telah berubah menjadi Taman Hutan Raya (Tahura) dan saat ini dikelola Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, sebagai lembaga non laba yang berdomisili di Kota Depok, GEF merasa terpanggil untuk membangun Tahura menjadi kawasan konservasi yang sangat berguna untuk pendidikan, laboratorium, penelitian,” jelas Ayi.

Bahkan GEF telah berencana untuk menjadikan Tahura untuk penangkaran reptil dan kupu-kupu dari berbagai spesies baik dari dalam negari dan luar negeri.

GEF telah banyak sekali melestarikan wilayah konservasi di Indonesia. Kini saatnya bagi mereka untuk membantu Pemkot Depok dalam melestarikan kembali Tahura sesuai dengan fungsinya.

GEF juga sudah menggandeng pihak ketiga untuk membangun tembok Tahura lebih tinggi untuk kenyamanan dan keamanan penghuni Tahura dan keamanan warga, menyiapkan tanaman berbagai tanaman langka, satwa langka sampai ke penangkaran reptil dan kupu kupu yang berasal dari berbagai daerah dan luar negeri. Kedepan pihaknya berharap Tahura menjadi laboratorium guna penelitian dan konservasi.

Ternyata niat baik itu tidak bersambut, karena ada beberapa kalangan yang mengatasnamakan warga Depok mencoba untuk memprovokasi menolak kehadiran Miss Universe ke Cagar Alam Pancoran Mas Depok dengan berbagai alasan yang tidak masuk akal.

“Bagi GEF tidak masalah jadi atau tidak, karena tidak ada yang dirugikan untuk kami. Kegiatan ini benar benar inisiatif kami tanpa ada donatur termasuk dari Pemkot Depok sendiri,” tegas Ayi.

Ayi menambahkan masih banyak sekali kegiatan di luar Depok yang lebih besar dan menarik. Kebanggaan untuk GEF karena mereka dipercaya oleh pihak lain untuk mendatangkan Miss Universe dan Puteri Indonesia. ”Seharusnya momen ini dapat dimanfaatkan untuk perkembangan konservasi di Cagar Alam Pancoran Mas Depok,” tandasnya. @dew

 613 total views

LEAVE A REPLY