Pabrik Pengolahan Belimbing Sama Sekali Tak Pernah Beroperasi Sejak Didirikan

0
303
Gedung pengemasan buah Belimbing juga terbengkalai tidak digunakan
Gedung pengemasan buah Belimbing juga terbengkalai tidak digunakan
Gedung pengemasan buah Belimbing juga terbengkalai tidak digunakan

depoktren.com-Pemrakarsa olahan belimbing Maria Gigih Setiarti mengatakan pembangunan pabrik tersebut berawal saat dirinya diikutsertakan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk mengikuti lomba PPK Indesk Pembangunan Manusia pada tahun 2006 dengan menyertakan produk Belimbing. “Saat itu kami menang dan mendapatkan dana Rp 50 miliar. Dari situlah muncul ide dari Pemkot Depok untuk membangun pabrik belimbing,” ujar Maria, Rabu (5/2).

Namun, Maria menyayangkan pabrik tersebut sama sekali tidak pernah beroperasi sejak didirikan. Bahkan Wali Kota Depok Nur Mahmudi ismail pun enggan datang untuk meresmikan pabrik tersebut.

Begitu juga dengan koperasinya yang tutup setelah dua tahun beroperasi di tempat tersebut. Maria mengaku tidak tahu aliran dana sebesar Rp 50 miliar tersebut. “Saya tidak tahu karena saya sendiri tidak dapat,” kata perempuan yang mulai berbisnis olahan belimbing sejak tahun 2005 itu.

Menurut Maria, Pemkot Depok juga dinilai kurang perhitungan dalam membangun pabrik tersebut. Sebab, produksi Belimbing di Depok masih belum bisa memenuhi kebutuhan pabrik yang kebutuhannya bisa mencapai satu ton per hari. “Sementara petani Depok sendiri belum bisa berkersinambungan dalam memproduksi. Saya saja yang mendapatkan suplai dari 120 petani tidak bisa mendapatkan satu ton setiap hari,” ungkapnya.

Ketua Asosiasi Petani Belimbing Depok, Nanang Yusup mengatakan, permintaan Belimbing Dewa sangat banyak bahkan untuk diekspor. Namun petani tidak bisa menjamin kesinambungan dari produksi Belimbing tersebut. Dia mengatakan,  petani juga seperti berjalan sendiri dalam mengembangkan dan mempertahankan keberadaan pohon Belimbing.

“Katanya Belimbing ikon Depok, tapi Perda yang melindungi lahan belimbing pun tidak ada. Bahkan untuk audensi dengan pemerintah pun sangat sulit,” kata dia. @dew

 791 total views

LEAVE A REPLY